Produk IT Pencatatan Kependudukan Universitas Widyatama Mengubah Pengelolaan Data Warga

Ketua Tim PkM dari Universitas Widyatama bersama para Ketua RT dan Ketua RW 08 Kelurahan Babakan Penghulu, Kecamatan Cinambo Kota Bandung.Foto:Istimewa

Ketua Tim PkM dari Universitas Widyatama bersama para Ketua RT dan Ketua RW 08 Kelurahan Babakan Penghulu, Kecamatan Cinambo Kota Bandung.Foto:Istimewa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat yang dapat dilakukan baik oleh Dosen maupun Mahasiswa.


Universitas Widyatama sangat mendorong Mahasiswa atau Dosen nya untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Ucu Nugraha, S.T., M.Kom., Dosen dan sekaligus Ketua Tim dalam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik.

Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan pada mitra di Lingkungan RW-08 Kelurahan Babakan Penghulu Kecamatan Cinambo Kota Bandung.
Tujuan dari kegiatan ini, untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yaitu mempermudah dalam pencatatan dan monitoring data warga di lingkungan mitra, serta mempercepat dalam penyajian informasi data warga yang up to date.

Tim dari kegiatan yang diberi nama PKM ini membuat suatu produk IT berbasis web untuk pencatatan data kependudukan, seperti pencatatan warga yang pindah, warga pendatang, warga yang baru lahir, warga yang meninggal, sampai dengan status kepemilikan tempat tinggal warga.

“Setelah kami meninjau bagaimana proses pencatatan data kependudukan warga di lingkungan RW-08, terlihat pencatatan belum terorganisir dengan baik, terjadi kesulitan dalam proses penyajian laporan data warga yang up to date secara cepat, tepat, efektif dan efesien” ujar Ketua Tim.

Hasil dari dibuatnya produk ini baik Ketua RT atau Ketua RW dapat memonitor dan menyajikan laporan keberadaan dan status warganya secara up to date.

“Produk IT berbasis web yang dibuat sangat bermanfaat bagi warga dan para Ketua RT di lingkungan RW-08, ini merupakan pilot project di lingkungan kami. Diharapkan dengan adanya website ini selain untuk mempermudah kami dalam pencatatan dan monitoring data warga, website ini juga dapat dijadiakan sebagai media informasi, khususnya bagi warga di lingkungan RW 08 dan masyarakat luas pada umumnya,” ujar Suherlan selaku Ketua RW 08.

(azm/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds