Optimalkan Peran Pengawasan, BPK Bisa Dilibatkan

RAPAT: Melalui rapat kerja itu,  DPRD Kabupaten Bandung bisa mengetahui sejauh mana realisasi program kerja setiap OPD.

RAPAT: Melalui rapat kerja itu, DPRD Kabupaten Bandung bisa mengetahui sejauh mana realisasi program kerja setiap OPD.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Agar fungsi pengawasan DPRD lebih optimal, maka setiap anggota legislatif dituntut untuk lebih meningkatkan perannya sebagai wakil rakyat yang secara aktif mengawasi jalannya pemerintahan.


Menurut Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Aep Dedi, instrumen yang dapat digunakan untuk menjalankan fungsi pengawasan adalah segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan  rencana anggaran yang telah ditetapkan dan disepakati bersama dengan pemerintah daerah.

“Selain kedua instrumen tersebut,  DPRD bisa  menggunakan juga hasil pemeriksaan BPK dalam menjalankan fungsi kontrol/pengawasan kepada pemerintah daerah. Karena BPK yang melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD, dan menyerahkan hasil pemeriksaannya kepada DPRD. Di sinilah sebenarnya BPK dan DPRD dapat bersinergi dalam pengawasan terhadap pelaksanaan APBD oleh pemerintah daerah,” tandasnya.

Selain itu, Aep mengatakan, Komisinya juga selalu melakukan rapat kerja dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang menjadi mitra komisi. Melalui rapat kerja itu, kata Aep, DPRD bisa mengetahui sejauh mana realisasi program kerja setiap OPD.

Namun, yang tidak kalah pentingnya juga menyangkut kegiatan yang lebih bersifat proaktif semisal kunjungan kerja. Sebagai bagian dari implementasi fungsi pengawasan DPRD, maka kunjungan kerja dipandang penting dalam menunjang optimalisasi kiprah dan kinerja anggota Dewan.

“Kunker juga bisa mendapat ilmu baru. Hasil kunker kita bicarakan degan OPD dan mirtra kerja komisi kita,” tandasnya.

(adv/apt)

Loading...

loading...

Feeds