Ternyata Ini Asal Suara Dentuman Misterius di Cianjur, Garut dan Sukabumi

Ilustrasi

Ilustrasi

Dia menduga dentuman yang terdengar warga merupakan fenomena lokal. Hal itu bisa dilihat dari dentuman tiap daerah yang berbeda waktunya. Menurutnya suara itu, biisa saja berasal dari suara petir atau benda yang meledak.


“Dugaan saya suara petir atau apapun itu yang terjadi di wilayah masing-masing, fenomena lokal. Ban meledak juga kan suaranya begitu (dentuman),” ungkap dia.

Menurutnya dentuman yang terjadi bukan karena adanya aktivitas gunung berapi. Kendati begitu, perlu ada konfirmasi terhadap pihak-pihak terkait.

“Perlu dikroscek lagi. Sejuah ini dugaan kami fenomena lokal. Masyarakat tidak perlu khawatir dan jangan mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial,” kata Thomas.

Demikian juga Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan mengecek dari mana suara itu berasal. “Kita mesti cek lagi,” kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly di Kantornya, Jl Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (25/12).

Sadly mengatakan setiap getaran bumi biasanya terekam oleh BMKG. Sensor BMKG ada di mana-mana. Soal kemunculan dentuman, penyebabnya bisa sangat beragam. Erupsi gunung berapi adalah salah satu penyebabnya. Khusus soal dentuman di Jawa Barat dan Sumatera Selatan, itu belum bisa dipastikan.

“Kalau pergerakan lempeng kan kita tahu ya berapa Skala Richter, apakah ada potensi tsunami atau tidak, kalau dentuman kan kita sampai saat ini belum punya informasi terkait dengan dentuman tersebut,” kata Sadly.

Sejauh ini, BMKG belum mendapatkan catatan seismik soal dentuman di kawasan Jawa Barat dan Sumatera Selatan. Dia menduga getarannya terlampau kecil. “Karena besarannya juga itu kan kecil ya, jadi tidak terdeteksi begitu kalau soal dentuman seperti itu,” kata dia.

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …