Banyak Kasus Demam Berdarah di Cibabat Cimahi

Ilustrasi

Ilustrasi

CIMAHI – Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) masih menjadi salah satu kasus penyakit berbahaya di tengah masyarakat. Sebab, jika seseorang terjangkit penyakit itu, apabila pengobatannya tidak benar maka fatal akibatnya.

Sepertihalnya di Kota Cimahi, sejak tahun 2015, Dinas Kesehatan mencatat angka kasus DBD bergerak naik turun.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr. Romi Abudrakhman mengatakan, beberapa faktor yang menyebabkan wilayah Cimahi rawan terjadi Demam Berdarah karena warganya masih belum membiasakan diri hidup dengan pola bersih dan sehat.

Paling sederhana bisa dilihat dari kamar mandi yang kurang bersih dan baju kotor dibiarkan menggantung. Tidak menutup kemungkinan juga jentik berasal dari selokan belakang rumah warga yang sering tergenang air ketika musim hujan.

Selain itu, di halaman rumah warga kerap terdapat botol, kaleng, ataupun ember. Keadaan tersebut menyebabkan air hujan akan tertampung di dalamnya sehingga jentik nyamuk berkembangbiak.

“Paling berpengaruh dalam penyebaran DBD bukan cuaca, tapi pola hidup bersih warga. Jangan sampai membiarkan sedikitpun peluang nyamuk berkembang biak, tempatnya itu di genangan-genangan air,” ujar Romi saat dihubungi Radar Bandung, Minggu (23/12).

Dia menambahkan, proses penyebaran penyakit DBD di Kota Cimahi terbilang cepat. Hal tersebut lantaran jarak antar rumah warga sangat berdekatan, sehingga memungkinkan nyamuk yang biasa terbang dalam radius 300 meter menjangkau warga di sekitar tempat tinggal.

Pihaknya mengklaim selama ini sudah melakukan pencegahan dengan sosialisasi maupun Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Berdasarkan informasi dari Puskemas, wilayah Kelurahan Cibabat itu merupakan yang paling banyak kasusnya,” katanya.

Selain di Kelurahan Cibabat, berdasarkan laporan yang masuk dari Puskemas, Kelurahan Cipageran dan Kelurahan Cimahi juga menjadi wilayah yang paling banyak ditemukan kasus DBD.

“Hampir semua rumah yang kita periksa selalu ada jentik nyamuk. Bahkan di bak mandinya. Artinya warga masih awam dengan kebersihan dan berkembang biaknya jentik nyamuk,” bebernya.

(dan)

 

loading...

Feeds

Dinilai Teruji, Brigas Pilih Dukung Jokowi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Joko Widodo dianggap sudah bisa menjaga stabilitas ekonomi dengan baik. Hal itu menjadi salah satu alasan sejumlah …