Ecovillage Konsisten Perkaya Konservasi

Desa berbudaya ling­­ku­ngan di Kampung Naringgul, Ciasin, RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Desa berbudaya ling­­ku­ngan di Kampung Naringgul, Ciasin, RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

POJOKBANDUNG.com, CIAWI – Kampung Naringgul, Ciasin, RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil menciptakan desa berbudaya lingkungan. Hingga detik ini, pemukiman yang disebut Ecovillage, mampu konsisten melakukan konservasi dengan misi men­ciptakan desa berbudaya ling­­ku­ngan.


Ecovillage merupakan program pengembangan desa berbudaya lingkungan yang dikelola sesuai dengan kaidah konservasi, pemanfaatan, dan pemulihan lingkungan.

Program Ecovillage di Desa Bendungan pun beragam. Mulai dari penghijauan dengan menanam bibit pohon di pekarangan, kebersihan lingkungan dengan menjadikan selokan sebagai kolam ikan, hingga bank sampah sebagai wadah daur ulang limbah plastik.

Tak hanya melibatkan para pecinta lingkungan, program yang diterapkan sejak tahun 2016 itu turut memberdayakan pemuda, ibu rumah tangga hingga anak-anak dalam menciptakan lingkungan yang asri dan sehat.

Ketua Ecovillage Baraya, Irfah Satir menjelaskan, pe­ngem­­­bangan Ecovillage lebih menge­depankan pem­berda­yaan dengan mengedepankan prinsip spiritual, ekonomi, ekologi, dan sosial.

Dia berharap pemerintah dan pihak swasta bisa memberikan bantuan anggaran serta kesempatan kerjasama dengan Ecovillage soal program penghijauan dan pertanian.

“Harapan kami ke depan, tentu kami sebagai pegiat lingkungan tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan semua pihak baik masyarakat baik pemerintah maupun kalangan swasta,” ujar Irfah.

Dia menuturkan, dirin­ya bersama ratusan kader Eco­village dari seluruh desa di Kecamatan Ciawi akan beru­saha sebaik mungkin untuk menciptakan berbagai program dan inovasi menuju desa berbudaya lingkungan. Terma­suk, memberikan pen­dam­­pingan kepada kepala desa menciptakan berbagai program desa untuk ling­kungan.

”Ada beberapa desa di Keca­matan Ciawi yang sudah dan akan terus dibina oleh DLH dengan program Eco­village, antara lain: De­sa Ben­dungan, Pan­dansari, Ban­jarwangi, Banjarsari, Ciawi, Jambulu­wuk, Teluk Pinang, Citapen, Cibedug, Cileungsi, Bojong­murni, Bitungsari, dan juga Banjar­waru,” ujar dia.

Jaringan kader Ecovillage bina­an Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat itu pun memperkuat kiner­janya dengan membentuk satu kepengurusan bernama Jari­ngan Kerja Ecovillage atau Jang­kar Ecovillage di setiap keca­matan.

”Dengan adanya kepengu­rusan Jangkar di wilayah kor­cam se-Kota dan Kabupaten Bogor, saya berharap seluruh fasilator dan kader Ecovillage lebih semangat menjalankan program yang sudah digagas dan disepakati di setiap desa,” pungkasnya.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds

BP JAMSOSTEK Sambut Bulan K3 Nasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Indonesia memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari setiap tahunnya. …