Lahan Konservasi di Jawa Barat Tak Berfungsi Maksimal

Ketua Peduli Lingkungan Jawa Barat (Pelija) MQ Iswara

Ketua Peduli Lingkungan Jawa Barat (Pelija) MQ Iswara

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kondisi lingkungan di Jawa Barat masih perlu mendapat perhatian ekstra oleh pemerintah. Beberapa wilayah yang difungsikan untuk konservasi banyak dibangun menjadi lahan komersil.

Hal itu disampaikan Ketua Peduli Lingkungan Jawa Barat (Pelija) MQ Iswara saat ditemui usai menghadiri acara diskusi Refleksi Akhir Tahun 2018 di kawasan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (13/12/2018).

Kawasan Bandung Utara (KBU) menjadi salah satu titik yang perlu kebijakan tegas dan ketat dari pemerintah terkait perijinan. Semua bangunan yang berdiri harus dikaji, bahkan diaudit ulang karena diduga tidak sesuai aturan yang berlaku.

“Dalam aturan, persentase bangunan ditetapkan sebesar 20%, sedangkan sisanya untuk resapan air. Kenyataan di lapangan sebaliknya. Kelihatan,” katanya.

Dampak negatifnya bisa dilihat secara kasat mata. Setiap hujan limpasan air turun deras, hampir setiap hujan terjadi banjir, bahkan banjir bandang. Hal ini berdampak negatif kepada masyarakat yang tinggal di Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Sumedang.

Usulan audit dan mereview ijin merupakan muara dari pembahasan yang dilakukan antara pihaknya dan stakeholder terkait. Bahkan, Iswara mendesak pemerintah menghentikan sementara (moratorium) izin pembangunan di KBU.

Pemprov Jabar harus bergerak cepat menangani persoalan di KBU, agar dampak banjir yang kerap dialami masyarakat Bandung Raya dapat ditekan. Dia menegaskan, dalam penanganan banjir, pembenahan KBU sebagai kawasan hulu harus didahulukan.

“Bagaimana mau menangani banjir jika KBU tidak ditata. Tanpa penataan KBU, banjir akan terus terjadi, bahkan bukan tidak mungkin terjadi banjir lebih besar,” tutur Iswara.

Persoalan lain adalah penanganan Sungai Citarum dan penataan kawasan Bogor, Puncak, Cianjur (Bopuncur) yang nasibnya serupa dengan KBU. Aktivitas penambangan ilegal di kawasan Jabar selatan pun harus dimoratorium.

loading...

Feeds

Gali Potensi Para Pemuda, ABS Berikan Edukasi Pemilu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam upaya mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tentunya generasi penerus bangsa terutama kalangan pemuda, perlu mendapat …

Rekayasa Jalan Sukajadi Mulai Diujicobakan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah Antapani, giliran Jalan Sukajadi yang mulai uji coba rekayasa selama sepekan kedepan. Kasatlantas Polrestabes Kota Bandung AKBP …

Ketua KPK Ogah Hadiri Debat Capres, Nih Alasannya

POJOKBANDUNG.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak akan menghadiri debat perdana kontestan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Kamis (17/1) malam. …

OYO Naikkan Okupansi Kamar Hotel di Bandung

OYO Hotels, jaringan hotel berbasis teknologi dengan pertumbuhan terdapat di dunia, pada hari ini mengumumkan bahwa layanannya telah resmi beroperasi di Bandung. …