Desakan Segera Lantik Sekda Kota Bandung Datang dari Berbagai Kalangan

Sekda Kota Bandung Benny Bachtiar pilihan Kemendagri.

Sekda Kota Bandung Benny Bachtiar pilihan Kemendagri.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Agar pemerintahan utuh, DPRD Kota Bandung meminta Walikota Bandung Oded M.Danial segera lantik Sekretaris Daerah ( Sekda) definitif.

“Ini tidak baik kalau dibiarkan berlarut-larut. Karena meski tidak krusial, tapi keberadaan Sekda Definitif tidak boleh kosong trlalu lama,” ujar Anggota Komisi DPRD Kota Bandung dari Fraksi PDIP, Herman Budiono, kepada wartawan Selasa (11/12).

Herman menilai, posisi pelaksanaan harian (plh) Sekda yang sekarang ditempati Ema Sumarna, tidak leluasa seperti halnya posisi sekda definitif.

“Plh kan tidak bisa mngambil kebijakan strategis seperti halnya pejabat definitif,” terangnya.

Meski memang untuk posisi ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) ada di sekda. Namun pengambilan keputusan akhir tetap di walikota.

Tapi untuk koordinasi intern ASN Kota Bandung, tetap ada di sekda.

“Karenanya, jika posisi sekda definitif dibiarkan kosong lebih lama, koordinasi intern pasti akan terhambat,” katanya.

Di sisi lain, sebagai posisi panglima tertinggi di lingkungan PNS, masukan dari sekda tentu dibutukan, jika Pemkot Bandung akan melakukan rotas dan mutasi jabatan.

Hal senada dikatakan pengamat hukum Dindin S. Maolani, Didin mengatakan Walikota Bandung diminta untuk tak mengedepankan legal standing semata, terkait belum dilantiknya Sekda Kota Bandung yang definitif.

“Begitu strategisnya peran Sekda dalam menyukseskan pembangunan daerah, sehingga hal-hal terkait ego karena merasa punya kewenangan, semestinya bisa dikesampingkan,” kata Dindin.

Ia mengakui, Walikota Oded M. Danial punya pijakan hukum untuk melantik Sekda yang diinginkannya. Namun Walikota juga harus menyadari, bahwa Mendagri dan Gubernur pun punya legal standing, untuk melantik Sekda yang telah diputuskan sebelumnya.

Loading...

loading...

Feeds