Tukar Segera! BI Tarik Empat Uang Kertas Ini

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG-KPw Bank Indonesia Jawa Barat melansir tentang pencabutan dan penarikan uang kertas pecahan Rp10 ribu tahun 1998, Rp20 ribu tahun 1998, Rp50 ribu tahun 1999 dan Rp100 ribu tahun 1999, hingga 30 Desember 2018 di Bank Indonesia atau bank umum.

Kepala Grup KPw Bank Indonesia Jawa Barat, Sukarelawati Permana menyebutkan, pencabutan sesuai dengan PBI No. 10/33/PBI/2008 tanggal 25 November 2008. Ia menyatakan, pencabutan uang hasil dari pertimbangan masa edar uang, adanya uang emisi baru dengan perkembangan teknologi unsur pengaman (security features) pada uang kertas.

“Bagi masyarakat yang masih memiliki uang pecahan emisi tersebut, dapat melakukan penukaran di seluruh kantor Bank Indonesia hingga 30 Desember 2018,” ujarnya kepada wartawan di Kantor KPw Bank Indonesia Jawa Barat, Selasa (4/12).

KPw Bank Indonesia Jawa Barat setiap hari membuka loket penukaran dari Senin–Jumat, mulai pukul 08.00 WIB–12.00 WIB. Selain itu, sesuai dengan program kerja TIM PUR KPw Bank Indonesia Jawa Barat pada Desember Kegiatan kas keliling juga dilaksanakan pada daerah terpencil, seperti Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Subang.

“Serta kas keliling dalam kota Bandung (operasi pasar Murah) di Kecamatan Cibeunying Kaler dan Kecamatan Sumur Bandung,” tambahnya.

Ia menegaskan, hak untuk menuntut penukaran uang rupiah yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran sebagimana dimaksud tidak berlaku lagi setelah 10 tahun. Bank Indonesia, lanjutnya, telah meluncurkan pecahan mata uang baru pada 2016 silam.

“Kala itu, bank sentral menerbitkan tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam anyar. Sementara uang baru beredar, pecahan lama masih bisa dipakai sampai ada pengumuman resmi BI soal penarikan duit pecahan lama dari peredaran,” pungkasnya.(nda)

loading...

Feeds

Giring Ganesha Mau Nikah Lagi?

Jagad media sosial dikejutkan dengan video berjudul 'Giring Ganesha Mau Nikah lagi?'. Video tersebut diunggah oleh Giring sendiri di akun …