Dirut PT. Hastuka Sarana Karya Ditahan di Lapas Sukamiskin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktur Utama PT. Hastuka Sarana Karya, Andi Winarto ditahan Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung di Lapas Sukamiskin.

Namun sebelumnya, pihak Kejari Kota Bandung menyebutkan tersangka di tahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru, karena diduga terlibat dalam kasus korupsi kredit pembangunan Garut Super Blok dan pembiayaan CV. Dwi Manunggal Abadi dari Bank BJB Syariah dengan kerugian Negara Rp566,4 miliar.

Setelah menjalani pemeriksaan ulang selama enam jam oleh penyidik, Andi masuk ke mobil tahanan dikawal dua petugas tanpa mengeluarkan sepatah kata kepada awak media.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasie Pidsus) Kejari Bandung, Iwan Arto Koesoemo menjelaskan, Andi yang berperan bersama Plt Direktur Utama BJB Syariah Yocie Gusman ini diduga melancarkan praktik tersebut sejak 2014 sampai 2016.

Lanjut Iwan, selain Andi, Yocie saat ini sudah menjalani masa tahanan sementara dan sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung untuk menjalani sidang perdana.

“Untuk sementara yang bersangkutan ditahan 20 hari. Untuk Yocie juga saat ini sedang menunggu jadwal sidang,” ujar Iwan seusai memeriksa Andi di ruang Pidsus Kejari Bandung, Selasa (4/12).

Ketua tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bandung, Erianto menambahkan, Yocie maupun Andi secara sadar bekerjasama mencairkan dana kredit tesebut tanpa memperhatikan prinsip – prinsip kehati-hatian antara bank dengan debitur maupun sebaliknya.

Dalam pencairan tersebut, Andi mendapatkan dana untuk Garut Super Blok tanpa agunan.

“Andi sebagai debitur kemudian Yocie posisinya sebagai direktur pembiayaan BJB Syariah, kalau mau dibahas panjang, berkasnya juga tebel,” tambahnya.

“Untuk pemberian kredit itu melanggar prinsip kehati – hatian oleh pihak bank yang menurut ketentuan seharusnya dana itu tidak dicairkan karena memang dari dokumen yang ada baik untuk Super Blok maupun DMA ini tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dana,” pungkasnya.

(nda)

loading...

Feeds

Bank Muamalat Incar Nasabah Prioritas

BANDUNG –Bank Muamalat menggelar Customer Gathering di Bandung, pada Kamis, (13/12). Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye gerakan #AyoHijrah, sekaligus mempererat …

Giring Ganesha Mau Nikah Lagi?

Jagad media sosial dikejutkan dengan video berjudul 'Giring Ganesha Mau Nikah lagi?'. Video tersebut diunggah oleh Giring sendiri di akun …