Peringati Maulid Nabi, Yayasan Assalaam Gelar Khitanan Massal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Yayasan Assalaam Bandung menggelar khitanan massal yang diikuti ratusan anak kurang mampu dari seluruh daerah di Kota Bandung. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur dan juga kegiatab rutin yang dilakukan oleh Yayasan Assalaam.

Sebanyak 255 anak mengikuti khitanan massal yang digelar pada Minggu subuh, 2 Desember. Ketua Umum Yayasan Assalaam, KH Habib Syarif Muhammad Al-Aydarus mengatakan khitanan massal ini sebagai upaya meneladani nilai-nilai sikap dalam sisi kehidupan Rasulullah, khususnya adab thaharah atau bersuci.

Ia melanjutkan, kegiatan khitanan massal mulai digelar di Kota Bandung pada tahun 1948 namun baru ramai dilakukan di tahun 1980. Saat itu, Habib Syarif menjelaskan kondisi Kota Bandung sedang dalam masa peperangan dan banyak anak menjadi yatim piatu sehingga tidak ada yang mengurusi.

“Di sekitar Kota Bandung banyak anak yatim karena orang tua meninggal di peperangan, akhirnya ambil inisiatif melaksanakan khitanan massal model konvensional belum menggunakan tenaga dokter,” jelasnya di Yayasan Assalam Jalan Yuda, Balonggede, Minggu (2/12/2018).

Dilihat dari latar belakang tersebut akhirnya Yayasan Assalaam secara rutin menggelar sunatan massal, tahun ini sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ketua Umum Panitia Gebyar Maulid Nabi dan Khitanan Massal, Syarif Setiawan, mengungkapkan setiap tahun jumlah peserta selalu meningkat. Pihak yayasan juga tidak memberikan ruang kepada siapapun yang berminat untuk ikut massal.

“Peserta khitan menerima siapapun, se-Bandung Raya dan Cimahi. Tetapi kami prioritas kan untuk yang kurang mampu,” imbuhnya.

Selain itu kegiatan ini juga tidak dipungut biaya sepeserpun, para peserta justru mendapatkan benefit lain yaitu uang saku dan bingkisan khitanan. Kegiatan ini dimeriahkan dengan lomba shalawat yang di ikuti 33 grup dari berbagai daerah di Kota Bandung. Kemudian acara puncak dilanjut dengan tabligh akbar yang di ikuti ratusan peserta dari berbagai daerah dan di isi oleh penceramah setempat.

(fid)

loading...

Feeds

SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Anak Tito Jadi Korban Hoaks

Jagat media sosial sedang ramai membahas video perempuan muda dengan gaya hidup glamor. Turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal …