Nias Barat dan Kulonprogo Diguncang Gempa, Jaraknya Beda 20 Menit

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan jika dua kabupaten mengalami guncangan gempa, Jumat (30/11) dini hari. Pertama gempa terjadi di Kabuapten Nias Barat, Sumatera Utara.

Berdasar data BMKG, gempa berkekuatan 5,9 skala richter (SR) itu terjadi pada pukul 03.21 WIB. Gempa berpusat di 120 km arah barat daya, Nias Barat.

Titik koordinat gempa berada pada 0,13 derajat Lintang Utara (LU) dan 96,85 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 km.

“BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami,” bunyi pernyataan BMKG sebagaimana dilansir RMOL.co (JawaPos Grup).

Selang sekitar 20 menit kemudian, gempa terjadi di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa tersebut terjadi pada pukul 03.42 dengan kekuatan 5,1 SR.

Pusat gempa berada di lautan yang berada di 122 km arah barat daya Kulonprogo. Titik koordinat gempa berada di 8,84 derajat Lintang Selatan (LS) dan 109,74 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 18 km.

Sama seperti halnya di Nias Barat, gempa juga tak berpotensi tsunami.

(mam/jpg)

loading...

Feeds

negara

Mahasiswa 14 Negara Belajar ke Cireundeu

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kampung Adat Cireunde kedatangan tamu mancanegara. Para tamu tersebut merupakan peserta Summercourse , Sociopreuner dan Cultural workshop …