Pastikan KIS Diterima Peserta, BPJS Kesehatan Cimahi Lakukan Spot Check

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Dalam penyelenggaran program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), peserta JKN-KIS mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta JKN-KIS sebagai tanda kepesertaan  dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan.

Dalam rangka memastikan KIS tersebut telah terdistribusi secara tepat sasaran oleh pihak ketiga kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi melaksanakan kegiatan spot check KIS Kamis (29/11/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan ke berbagai tempat termasuk ke beberapa desa dan kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Tak hanya akses jalan yang sulit, namun alamat peserta yang berbeda-berbeda juga menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan spot check.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Bina Handayanimengatakan,spot check ini dilakukan untuk memastikan bahwa kartu KIS yang disitribusikan oleh pihak ketiga sudah terdistribusikan dan sampai pada penerimanya.

“Pada prinsipnya, spot check ini bertujuan untuk memastikan KIS sampai ke tangan peserta. Lebih dari itu, untuk memastikan si penerima paham akan hak dan kewajiban serta prosedur dalam memperoleh layanan program JKN-KIS. Kita juga sambil sosialisasi terkait informasi maupun regulasi terbaru kepada setiap peserta yang dikunjungi,” ungkap Bina.

Tantangan yang dialami pada saat spot check diantaranya akses jalan yang sulit dan alamat yang tidak ditemukan karena wilayah geografis pedesaan yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Namun hal ini dapat terbantu oleh beberapa warga desa maupun pihak kantor desa yang dengan senang hati menunjukkan jalan ke tempat peserta yang hendak dituju.

Salah satu peserta JKN KIS yang berhasil ditemui adalah Jana yang bertempat tinggal di desa Ciburuy, kecamatan Padalarang. Jana mengaku senang dan berterima kasih atas perhatian pemerintah terlebih khusus Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang sangat memperhatikan warganya sehingga bisa merasakan manfaat dari kartu JKN KIS, dan juga kepada BPJS Kesehatan yang telah bersusah payah mendatangi warga di pelosok seperti ini.

“Semoga pengecekan ini bisa rutin dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat agar Kartu JKN-KIS bisa benar-benar dapat diterima oleh peserta yang berhak. Dengan begitu, pelayanan Program JKN-KIS bisa berjalan dengan baik sampai di wilayah pelosok sekalipun,” harapnya.

(dh)

loading...

Feeds

pkb

Caleg PKB dan Kades Dilaporkan

SUBANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi dalam dugaan money politic yang …
santunan

Pemprov Jabar Siapkan Santunan Rp50 Juta

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan santunan sebesar Rp50 juta kepada keluarga petugas Pemilu yang meninggal dunia. Perintah …
biawak

Pulau Biawak Potensi Wisata Internasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pulau Biawak yang ada di Kabupaten Indramayu dinilai potensial menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. Namun, untuk merealisasikannya, …
baros

Kawasan Jalan Baros Terus Diperlebar

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi anggarkan Rp200 juta, untuk menambah pelebaran jalan di …
SMA

Kebobrokan SMA Pelnus Segera Terungkap

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI– Orang tua mana yang tega melihat buah hatinya berdiam diri di rumah. Apalagi tidak memiliki aktivitas belajar yang seharusnya …
SMPN

Puluhan SMPN Tak Bisa UNBK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Minimnya fasilitas komputer yang dimiliki di setiap SMP Negeri di Subang membuat puluhan sekolah SMPN di Subang …