Kunjungi Wakil Bupati Bandung Barat, BPJS Kesehatan Perkuat Komitmen UHC

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Sebagai badan hukum publik yang mengelola Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu berupaya mengoptimalkan pelayanan kepada peserta maupun stakeholders lainnya.

Tahun 2019 menjadi target BPJS Kesehatan untuk mewujudkan cita-cita Universal Health Coverage (UHC) bagi seluruh penduduk Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi senantiasa meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Dalam hal ini, Pemda Kabupaten Bandung Barat berkomitmen untuk mendaftarkan seluruh penduduknya pada Program Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, hal ini terungkap saat terselenggaranya pertemuan dengan Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, di ruang rapat Wakil Bupati Komplek Kantor Pemda Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/11/2018).

Wujud dari komitmen tersebut adalah dengan terus meningkatkan jumlah kepesertaan dari berbagai segmen peserta. Hal itu seiring dengan target yang ditetapkan pemerintah pusat yakni minimal 95 persen dari total jumlah penduduk terdaftar dalam Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

”Ini juga sebagai implementasi Inpres Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Kami mendukung program JKN-KIS inidan berkomitmen untuk secepatnya Kabupaten Bandung Barat bisa mencapai UHC,’’ kata Hengki.

Sementara itu, Kepala BPJS KesehatanKantor Kabupaten Bandung Barat, Bina Handayani menambahkan, komitmen UHC yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sesungguhnya merupakan wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Program JKN-KIS sekaligus sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

Untuk itu, dengan adanya komitmen ini diharapkan mampu secara signifikanmeningkatkan cakupan kepesertaan semesta bagi seluruh penduduk Kabupaten Bandung Barat.

Bina menjelaskan Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, akan lebih dirasakan manfaatnya oleh peserta apabila disertai dengan peningkatan kualitas dan layanan di seluruh fasilitas kesehatan. Selain itu, dibutuhkan pula dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan stakeholder lain tentang program JKN-KIS ini.

“Kami sampaikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih atas komitmen luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang berkeinginan kuat mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta Program JKN-KIS. Mari kita bersama-sama terus memberikan informasi, sosialisasi, dan mengajak kepada seluruh masyarakat dan peserta, sehingga peserta mendapatkan manfaat dari program ini dengan optimal,’’ ujar Bina.

(dh)

loading...

Feeds

Sidang Korupsi Meikarta Digelar Besok Rabu

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan empat tersangka dalam kasus dugaan suap proyek Meikarta ke Pengadilan Tipikor. Bahkan majelis …