PDAM ‘Sakit’, Profesionalisme SDM Harus Dibenahi

Petugas PDAM sedang melakukan pengecekan rutin. ( Ilustrasi)

Petugas PDAM sedang melakukan pengecekan rutin. ( Ilustrasi)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – 386 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) seluruh Indonesia diminta untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan. Mereka harus dinyatakan sebagai BUMD yang sehat.


Dari 386 PDAM seluruh Indonesia hanya 58 persen yang dinyatakan sehat. Sementara 30 persen dinyatakan kurang sehat dan 12 persen tidak sehat.

Salah satu hal yang membuat PDAM tidak sehat adalah sulitnya menaikkan tarif, pemekaran wilayah hingga kecilnya jumlah pelanggan.

Bahkan, masih ada PDAM yang memiliki pelanggan sekitar 3-5 ribu orang, dari jumlah minimal 30 ribu orang untuk dinyatakan sehat.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin menegaskan semua pihak harus bekerja dengan baik, termasuk petugas badan pengawas yang harus memiliki kemampuan dan profesionalisme yang lebih dari tingkatan direksi.

Hal tersebut disampaikan usai membuka Munas III Asosiasi Dewan Pengawas (ADP) PDAM Seluruh Indonesia di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas, Kota Bandung.

“PDAM ini beberapa di antaranya perlu didorong kinerjanya. Penguatan pengawasan sangat penting mulai dari perencanaan sampai evaluasi kinerja,” ujarnya.

PDAM selama ini kerap dihadapkan dengan sejumlah permasalahan mulai dari teknis hingga pelayanan. Diharapkan, dengan penyelenggaraan munas, satu per satu masalah bisa dipecahkan.

“Kita tahu bahwa masih ada PDAM sakit. Kita coba telaah lebih jauh, banyak faktor,” jelasnya.

Sekjen ADP PDAM Agus Teguh Suryaman berharap melalui Munas para dewan pengawas bisa meningkatkan kapasitas untuk menyelesaikan permasalahan di daerah masing-masing.

Ia menyadari banyak dari anggota dewan pengawas yang kompetensinya di bawah direksi karena banyak yang bukan berasal dari lingkungan PDAM.

“Melalui ini kita dorong menyelesaikan masalah itu. Kita dorong asosiasi bermuara pada kapasitas kompetensi. Sehingga begitu mengawasi tahu aturannya dan lain-lain,” ucap Agus.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …