Lestarikan Budaya, Disbudpar Kota Bandung Luncurkan Program Barata

Tarian ambu lengser pecahkan rekor muri di CFD Dago

Tarian ambu lengser pecahkan rekor muri di CFD Dago

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lestarikan budaya tradisional Kota Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung luncurkan program Bandung Rasana Nyata (Barata).

“Saat pertama saya bertugas di Disbudpar, sekitar 1,5 tahun lalu, banyak kebudayaan yang belum terekspos,” ujar‎ Kepala Bidang  Produk Seni Budaya Disbudpar Kota Bandung, Sigit Iskandar. ‎

‎Menurut Sigit, di Kota Bandung ada 650 lingkung seni, namun yang diberdayakan kurang dari 20 persen karenanya, Disbudpar merasa terpanggil untuk menghidupkan kembali seni budaya agar terasa oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sigit mengatakan, masalah seni budaya di Kota Bandung ada lima  yaitu lingkung seni kurang berdaya, seni budaya kurang terasa oleh orang Bandung dan luar Bandung.

Masalah lainnya, seni budaya kurang berdampak kepada dunia usaha, kurang berjalan nya Perda 5/2012 tentang seni-budaya tradisional dan kesenian terus degradasi punah termasuk anak-anak tidak mengenal.

“Saya beserta seluruh jajaran di Disbudpar merasa prihatin dengan kondisi ini. Karenanya setelah berdiskusi dengan tokoh seni dan budaya, kami merumuskan Barata ini,” papar Sigit.

Agar program Barata ini sukses, lanjut Sigit, harus ada kegiatan terstruktur. Masif dan konsisten. Sehingga, menurut Sigit, harus selalu ada kegiatan kebudayaan yang ditampilkan.‎

“Tidak harus besar tapi terasa, cukup tampil di hotel, restoran , mall, Taman, bandara atau car free day,” ujar Sigit.

Sigit menilai, untuk melestarikan budaya seni Sunda harus dimulai sejak dini. Karenanya, Sigit menyempatkan diri ‎berkeliling  ke sekolah sekolah memberikan edukasi, sosialisasi di ruang publik dengan menampilkan tarian.

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.