BPJS Kesehatan Cimahi Audiensi Bersama DPRD Kota Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan Cimahi melakukan kunjungan kerja sekaligus audiensi untuk memenuhi undangan dari Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Rabu (28/11/2018).

Audiensi dilakukan untuk membahas mengenai pelayanan kesehatan dan juga sistem rujukan berjenjang bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Cimahi.

Kunjungan kerja dan audiensi tersebut dihadiri oleh BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan perwakilan puskesmas dan RS di wilayah Kota Cimahi.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Devi Afni dengan penyampaian tentang Pelaksanaan Program JKN-KIS terbaru yaitu sistem rujukan online, serta kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan.

Pada kesempatan tersebut Devi menjelaskan bahwa pihaknya telah membentuk tim dalam melaksanakan kegiatan forum kemitraan. Ia menyampaikan agenda forum terselenggara minimal dua kali dalam setahun.

Dalam forum tersebut, BPJS Kesehatan senantiasa memaparkan progress implementasi Program JKN-KIS khususnya di wilayah Kota Cimahi, yang meliputi progress cakupan kepesertaan JKN-KIS, penerimaan iuran peserta, pembayaran terhadap fasilitas kesehatan dan regulasi-regulasi terbaru pemerintah dan BPJS Kesehatan.

“Sistem rujukan ada karena tidak semua penyakit dapat ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Selain itu jumlah rumah sakit yang terbatas serta penyebarannya belum merata dimana kompetensi setiap rumah sakit tidak sama (jumlah dokter spesialis dan sarana prasarana tidak sama). Hal lainnya adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta sesuai kebutuhan medis berdasarkan fasilitas kesehatan yang tersedia,” ujar Devi.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Edi Kanedi mengatakan bahwa kunjungan kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi ke Komisi IV ini dalam rangka silaturahmi legislatif dan agar Komisi IV lebih mengetahui tentang peraturan dan regulasi tentang Program JKN-KIS, serta koordinasi tentang pelayanan kesehatan terhadap pasien yang berasal dari keluarga kurang mampu khususnya, serta seluruh masyarakat Kota Cimahi.

“Kami perlu berkoordinasi untuk mendapatkan masukan, terutama yang kaitannya dengan layanan BPJS Kesehatan terutama di fasilitas kesehatan, juga tentang dinamika peraturan atau regulasi-regulasi yang terus berubah serta permasalahan-permasalahan yang kaitannya dengan BPJS Kesehatan. Inilah tujuan kami mengundang BPJS Kesehatan,” kata Edi.

(dh)

loading...

Feeds

Bank Muamalat Incar Nasabah Prioritas

BANDUNG –Bank Muamalat menggelar Customer Gathering di Bandung, pada Kamis, (13/12). Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye gerakan #AyoHijrah, sekaligus mempererat …

Giring Ganesha Mau Nikah Lagi?

Jagad media sosial dikejutkan dengan video berjudul 'Giring Ganesha Mau Nikah lagi?'. Video tersebut diunggah oleh Giring sendiri di akun …