Ayah Hebat Siap Sukseskan Program KB untuk Jabar Juara

Peserta acara Talkshow 'Ayah Hebat Ayah Juara' di Parkir Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (25/11).

Peserta acara Talkshow 'Ayah Hebat Ayah Juara' di Parkir Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (25/11).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peran penting ayah dalam rumah tangga bisa diibaratkan sebagai masinis yang siap setiap saat untuk menjalankan gerbongnya. Dalam arti, seorang ayah tidak hanya berkewajiban penuh hanya menafkahi, namun harus memberi gambaran baik kepada anak-anaknya.
Dalam hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, PKK Provinsi Jawa barat serta Pegiat Parenting Jawa Barat. Menggelar Talkshow ‘Ayah Hebat Ayah Juara’ di Parkir Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (25/11).
Mewakili Gubernur Jawa Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, menjadi ayah juara bukan berarti tanpa kekurangan. Justru yang mampu mengakui kekurangannya sendiri.


“Kadang seorang ayah seperti saya, otoriter juga namun kadang saya sampaikaan juga kalau ada kekurangan silahkan tegur dan saya minta maaf kalau salah,”ujarnya.

Menurutnya, masalah efektifitas baiknya ketika istri sedang mengandung, ayah bisa mendampingi sehingga bisa menjadi nilai tersendiri pada ibu dan ayah ketika sudah melahirkan anaknya.
Iwa menjelaskan, pemprov Jawa Barat mendukung penuh Bkkbn Jawa Barat dalam mengkampanyekan keluarga Juara Lahir Batin. Kemudian Pola hidup bersih dan sehat diyakini akan mengedukasi anak, ayah juara ibu juara anak nya pun pasti Juara.

“Anak-anak ku di Jawa Barat jangan sungkan dan jangan takut harus diskusi pada ayah. Keluarga sehat akan tumbuh masyarakat sehat,”kata Iwa.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Athalia Kamil menjelaskan, nilai keteladanan yang paling penting dari seorang ayah harus terus diberikan dalah keluarga, mengingat anak akan melihat pada siapa yang paling dekat dan biasa di lakukan orang tua itu akan diserap oleh anak.

“Ayah menjadi sosok disegani sekaligus jadi sahabat, anak jangan jadi korban ayah ibu yang sibuk, setiap anak butuh untuk tumbuh dan kembang mereka jangan sendirian,”ungkapnya.

Istri dari orang nomor satu di Jawa Barat itu juga mengatakan, anak-anak membutuhkan sosok ayah dan harus jadi orang terdekat.

“Yang harus diperhatikan juga pola asuh kemudian pola hidup dan makan dan termasuk sanitasi dan ini jadi faktor pendorong hidup sehat agar Jabar Juara Lahir Batin,”kata dia.

Sementara, Kepala BKKBN Jawa Barat, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, program Bkkbn yang dikenal Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan keluarga ayah, ibu dan anak, sangat serius memberikan pembimbingan kepada para ayah dan ibu.
Pada tahun 2000, Bkkbn memiliki Direktorat khusus untuk mendorong pria berpartisipasi aktif dalam KB seperti untuk suami dan ayah. Saat ini pun Bkkbn Jawa Barat aktif mensosialisasikan 1.000 hari kehidupan sisa dua tahun kelahiran untuk menjaga anak juara lahir batin.

“Kita juga luncurkan buku keluarga hebat dmana didalamnya mengenai semua tentang KB dan pembangunan keluarga,” kata Teguh

Menurutnya, hal ini menjadi tantangan bersama, pendidikan harus ditingkatkan terus mencerdaskan keluarga jangan hanya pada saat sudah menikah. Melainkan sedari remaja.

“kita telah sepakat lima tahun kedepan juara lahir batin ini harus dimulai dari rumah, seperti ayah juara ibu juara anak juga juara, ini harus saling kolaborasi dan kami ajak seluruh keluarga untuk sukseskan program KB untuk Jawa Barat lahir batin,”pungkasnya. (adv)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …