Car Free Day, Pemkot Cimahi Akhirnya Tutup Jalan Demang Hardjakusumah

Suasana Car Free Day di Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Minggu (25/11).

Suasana Car Free Day di Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Minggu (25/11).

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jalan Demang Hardjakusumah, dekat kawasan Pemerintahan Kota Cimahi, akhirnya ditutup sepenuhnya setelah Pemkot Cimahi mengaktifkan Car Free Day.

Ruas jalan utama yang menghubungkan Cihanjuang dengan Ciawitali menuju Citeureup itu ditutup untuk perlintasan kendaraan agar bisa dipakai aktivitas masyarakat.

Dampaknya, akses kendaraan dari Citeureup yang akan menuju Cihanjuang menuju Setiabudhi, Kota Bandung perlu memutar melalui Jalan Amir Machmud, dengan jarak cukup jauh dan dikeluhkan pengendara.

“Saya rumah di Jalan Citeureup, kalau mau ke Setiabudi, ke Jalan Pesantren atau ke Cimindi, itu perlu memutar ke Jalan Amir Machmud. Ya pasti jadi lebih jauh dan lama lagi,” tutur Prilatama (27), warga Citeureup, Cimahi.

Kendati demikian, dia memaklumi kondisi kemacetan dan penutupan jalan tersebut yang tidak terjadi setiap hari.

“Ya memang wajar juga sebetulnya, karena seminggu sekali. Di Bandung dan daerah lain juga kan begitu,” terangnya.

Petugas memasang spanduk melintang ruas jalan Demang sebagai pemberitahuan kegiatan CFD. Masyarakat memarkirkan kendaraan di luar kawasan CFD yang sudah disediakan.

Terlihat personil Dishub-Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi, Polres Cimahi dan Kodim 0609/Kab. Bandung engarahkan pengendara untuk melintasi ruas jalan lain.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ruswanto mengatakan, pengaktifan CFD didasari kebutuhan Kota Cimahi akan sarana dan ruang terbuka bagi masyarakat.

“Terpenting itu masyarakat dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, itu juga untuk meningkatkan kualitas udara sambil memberi fasilitas aktivitas fisik,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah melakukan studi banding pelaksanaan CFD ke Kota Bandung hingga Kota Bogor sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kualitas.

“Ternyata, CFD juga sebagai tempat pelayanan. Nanti ke depan bisa ada layanan dari jajaran dinas Pemkot Cimahi, bisa juga ada layanan SIM Keliling dari kepolisian lainnya. Ke depan bakal lebih hidup sambil minta saran dan masukan dari stakeholder termasuk masyarakat,” katanya.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, menyatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan CFD dengan menyiapkan rekayasa arus lalu lintas.

“Karena ruas Demang ditutup, kendaraan dari arah Cihanjuang atas maupun Jati bisa langsung lurus ke Cihanjuang bawah. Bagi kendaraan dari arah Ciawitali, bisa lurus ke Margaluyu-Kandang Uncal,” katanya.

(dan)

loading...

Feeds

pkb

Caleg PKB dan Kades Dilaporkan

SUBANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi dalam dugaan money politic yang …
biawak

Pulau Biawak Potensi Wisata Internasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pulau Biawak yang ada di Kabupaten Indramayu dinilai potensial menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. Namun, untuk merealisasikannya, …
SMPN

Puluhan SMPN Tak Bisa UNBK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Minimnya fasilitas komputer yang dimiliki di setiap SMP Negeri di Subang membuat puluhan sekolah SMPN di Subang …
petugas

Dua Petugas KPPS Meninggal Dunia

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Subang telah menerima laporan adanya pengawas TPS di daerah yang meninggal …
LIPI

Tiga Hasil Penelitian LIPI Dipamerkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2Telimek), menghadirkan tiga hasil penelitian …