Demi Harga Diri Muhammadiyah, Ahmad Fanani Kembalikan Rp 2 Miliar

Dugaan Korupsi Kemah Kemenpora

POJOKBANDUNG.com – Dugaan kasus penyelewengan anggaran kegiatan Apel Pemuda Islam, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani membeberkan alasan pengembalian uang sebesar Rp 2 Miliar kepada Kemenpora. Menurutnya, demi harga diri Muhammadiyah uang tersebut dikembalikan sebagai bentuk melawan korupsi.


Fanani menjelaskan, pengembalian uang tersebut sebagai upaya Pemuda Muhammadiyah menampik dugaan kasus penyelewengan anggaran yang menyudutkan Pemuda Muhammadiyah.

“Bukan perkara apa apa, ini soal harga diri kami memperjuangkan salah satu gerakan Pemuda Muhammadiya melawan korupsi,” ujar Fanani di Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jumat (23/11).

Dia menegaskan kegiatan yang dimasalahkan itu bukan perkara uang. Melainkan lebih pada harga diri organisasi Pemuda Muhammadiyah.

“Maka hari ini, kami kembalikan duitnya. Kami transfer ke Kemenpora,” pungkasnya.

Fanani juga menjelaskan, alasan pengembalian itu karena terjadi perbedaan penyelenggaraan acara dengan kontrak antara Kemenpora dan PP Pemuda Muhammadiyah sebagai panitia.

Perbedaan yang dimaksud adalah pelaksanaan acara. Awalnya, pihak panitia berdasarkan kontraknya akan mengadakan acara pengajian akbar. Akan tetapi, dalam realisasinya diganti menjadi apel akbar dan kemah Pemuda Islam Indonesia.

“Sesuai kontrak dengan realisasi (memang) berbeda. Pertama, nomenklatur berbeda di kontrak sebagaimana yang diajukan. (awalnya) pengajian akbar sementara realisasi apel akbar,” jelas Fanani.

Berdasarkan Pasal 9 klausul kontrak antara pihak Kemenpora dan pelaksana acara menyebutkan bahwa jika pihak pelaksana tidak melaksanakan sesuai kontrak. Maka perjanjian antara kedua belah pihak batal.

“Maka perjanjian ini batal demi hukum wajib harus mengembalikan seluruh dana bantuan. Ini sebagai komitmen kami ya kami kembalikan,” ungkap Fanani.

Sebelumnya, pengungkapan kasus itu berdasarkan laporan model A yang diterima polisi sekitar dua pekan lalu. Laporan itu mengindikasikan ada kerugian negara dari kegiatan Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia yang diinisiasi Kemenpora pada akhir 2017.

(wiw)

Loading...

loading...

Feeds

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …