Komisi V Siap Kawal Dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Forum Koordinasi Sekolah Swasta (FKSS) yang diwakili para kepala sekolah FKSS geruduk DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk berunjuk rasa dengan tuntutan pencairan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) yang barus dibayarkan sebesar 24 ribu.


Sedangkan untuk operasional pendidikan di sekolah swasta memerlukan anggaran sebesar Rp 250 hingga Rp 370 ribu per siswa per semester.

Ketua Komisi V DPRD Jabar, Syamsul Bachri mengatakan, aspirasi dari FKSS sangat wajar untuk menuntut hak anggaran daru BPMU. Pasalnya, setiap sekolah tentu sudah merencanakan dan mengelola anggaran setiap tahunnya. Dari BPMU yang berdasarkan Pergubnya sebesar Rp 370 ribu Disdik baru memberikan anggaran sebesar Rp 24 ribu per siswa per semester. Kekurangannya cukup besar, tentu sekolah akan menanggung resiko yang sangat besar terhadap sekolah.

“Yang diperjuangkan Komisi V ini sisanya yang harus segera dibayarkan agar tidak menimbulkan persoalan yang baru,” ujar Syamsul usai menerima aspirasi FKSS di Ruang Banmus DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (21/11/2018).

Hal serupa ditegaskan Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Hadi. Menurut dia, Komisi V terkait dengan aspirasi FKSS tentang pencairan anggaran BPMU yang baru direalisasikan sebesar Rp 24 ribu untuk semester II dapat dikompensasi.

Teknis pencairan kompensasinya tinggal menunggu jawaban dari Sekda Jabar. Sekolah swasta sudah cukup banyak berkontriobusi kepada dunia pendidikan di Jabar.

Tetapi adanya persoalan ini sangat tidak adil bagi sekolah swasta tersebut. Sebab, dalam APBD Perubahannya sudah ditetapkan besaran anggaran BPMUnya.

“Saya tidak rela sekolah swasta ini kan sudah banyak kontribusinya kepada dunia pendidikan di Jabar, tetapi mendapatkan perlakuan yang tidak adil,” ujar Abdul Hadi.

(man/mun)

 

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …