Harimau Sumatera Tiga Hari Terjebak di Lorong Ruko

Harimau Sumatera tampak terjebak di sela-sela ruko warga di kawasan di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. (Istimewa)

Harimau Sumatera tampak terjebak di sela-sela ruko warga di kawasan di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. (Istimewa)

POJOKBANDUNG.com – Sudah tiga hari harimau Sumatera terjebak di lorong rumah toko (ruko) kawasan pasar di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Hingga saat ini, tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau masih berupaya melakukan penyelematan.


Agar harimau itu tidak kelaparan, petugas memberinya makan ayam segar. Daging ayam itu dilemparkan ke celah ruko yang sudah dibuat oleh petugas.

‎”Tim memberikan harimau itu makanan berupa daging ayam agar tidak kelaparan. Caranya melalui celah-celah kolong ruko itu, dan dia mau makan,” kata Suharyono, Jumat (16/11).

Dalam upaya penyelamatan satwa dilindungi ini, sebanyak 11 orang petugas dikerahkan. Diantaranya terbagi 5 petugas medis dan 6 petugas pengaman. Menurut hasil pengamatan tim, harimau dewasa itu dalam keadaan sehat.

“Itu dilihat dari sorot mata dan gerakan agresif yang ditunjukkannya. Selain itu, bobot badannya terlihat sangat besar dan sudah dewasa. Tapi belum tahu apa jenis kelaminnya,” sebutnya.

Hingga saat ini, petugas belum dapat mengevakuasi Si Belang. Sebab terdapat beberapa kendala. Diantaranya lokasi yang sempit dan harimau yang berada di bawah lorong. Kemudian banyaknya warga yang ingin menyaksikan.

“Masih kita upayakan proses evakuasi, maksimal. Hari ini mau kita tembak bius untuk kedua kalinya,” kata mantan Kepala BBKSDA Bali ini.

“Tim sudah berada di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 12.00 atau 13.00 WIB, harimau dewasa sudah tertembak bius yang pertama dengan dosis yang memungkinkan harimau akan terbius dalam waktu dua jam,” kata dia.

Usai menembekan obat penenang itu, tim BBKSDA Riau dibantu Polri, TNI serta aparat pemerintah setempat tak langsung mengevakuasinya. Namun menunggu agar obat bius tersebut bereaksi.

“Kemudian anggota menunggu agar bius bekerja. Biasanya bius akan bereaksi setengah jam setelah ditembakkan,” jelasnya.

Namun tanpa diduga-duga, harimau dewasa itupun berhasil melarikan diri di lorong ruko. “Karena lorongnya dalam di sana, jadi harimau tidak bisa ditemukan. Tim terus melakukan pencarian. Hingga batas waktu dua jam dari biusnya harimau tidak ditemukan,” ujarnya.

Tidak ingin kehilangan si belang tersebut, tim terus melakukan pencarian bersama-sama. Akhirnya harimau berhasil ditemukan tetapi setelah obat bius itu tak bereaksi lagi. “Berdasarkan laporan teman yang ada di lapangan, ternyata harimau bergerak dan berada di lorong lagi,” sebutnya.

Berbagai alat sudah dipersiapkan. Seperti jaring untuk menghalau harimau agar tak bergerak jauh dari lokasi. Jaring yang disangga dengan kayu ini sudah dipasang di sekeliling ruko yang terdiri 4 blok itu. Kemudian kandang, apabila harimau tersebut berhasil ditembak bius rencananya akan dimasukkan ke kandang untuk dievakuasi.

(ica)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …