11 Orang Tewas, 80.000 Orang Dievakuasi Akibat Badai Gaja

Setidaknya 11 orang tewas dan puluhan ribu orang dievakuasi akibat Topan Gaja yang melanda India. Topan berkecepatan 120 km/jam itu juga menebangkan pohon-pohon dan menghancurkan rumah dan kendaraan.

Setidaknya 11 orang tewas dan puluhan ribu orang dievakuasi akibat Topan Gaja yang melanda India. Topan berkecepatan 120 km/jam itu juga menebangkan pohon-pohon dan menghancurkan rumah dan kendaraan.

POJOKBANDUNG.com – Setidaknya 11 orang tewas dan puluhan ribu orang dievakuasi akibat Topan Gaja yang melanda India. Topan berkecepatan 120 km/jam itu juga menebangkan pohon-pohon dan menghancurkan rumah dan kendaraan.


Narendra Kumar, seorang pejabat dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional mengatakan, lebih dari 80.000 orang telah dievakuasi dari daerah dataran rendah ke lebih dari 470 pusat bantuan di enam distrik.

Dilansir dari SCMP, pemerintah telah mengumumkan kompensasi USD 14.000 atau setara Rp 204 juta kepada keluarga korban sambil ratusan pekerja darurat berusaha memulihkan jalan dan listrik. Menurut Departemen Meteorologi India badai itu diperkirakan bergerak ke barat dan secara bertahap melemah sebelum menuju ke Laut Arab.

Hujan deras menyebabkan genangan air dan tanah longsor. Ada pemadaman listrik yang meluas di wilayah tersebut.

Pihak berwenang menutup sekolah dan perguruan tinggi dan ribuan pekerja darurat telah siaga bersama dengan dua kapal laut dengan penyelam, helikopter, dan perahu karet. Nelayan telah diperingatkan sejak Minggu untuk tidak mengambil risiko pergi ke laut.

Gaja adalah badai besar kedua yang menghantam pantai timur India dalam beberapa pekan terakhir. Topan Titli menggempur negara Orissa pada Oktober, menewaskan sedikitnya dua orang.

India sedang dilanda badai antara April dan Desember. Tahun lalu, Topan Ockhi menewaskan hampir 250 orang di Tamil Nadu dan Kerala.

(iml)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …