Rute Angkot di Kota Cimahi Masih Semerawut

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi segera melakukan pembenahan trayek angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun trayek perlintasan angkutan umum.

Alasannya, masih banyak angkutan kota maupun angkutan AKDP yang rute operasionalnya tidak sesuai dengan ketentuan atau bukan rute yang seharusnya dilewati.

Menurut Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, selain menimbulkan kemacetan, juga bisa menyebabkan gesekan antar pengusaha angkutan ketika berebut penumpang.

“Kalau beroperasi tidak sesuai rute mereka (angkutan) ini menyebabkan kemacetan, mereka berhenti dan ngetem dimana saja. Dan akhirnya bisa ada gesekan antara pengusaha angkutan karena rebutan penumpang,” ujar Ranto saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Rabu (14/11/2018).

Seharusnya, setiap angkutan berpatokan pada trayek yang sudah ditentukan oleh Dinas Perhubungan. Namun nyatanya, banyak angkutan yang beroperasi dengan rute seenaknya.

“Banyak angkutan yang melanggar rute dalam trayek mereka yang sebetulnya sudah ditentukan. Dan permasalahan ini yang akan dibenahi secepatnya. Kita akan restrukturisasi trayek yang ada sekarang,” tuturnya.

Dia menerangkan jika jalanan Kota Cimahi lebih banyak dilintas oleh angkutan antar kota dalam provinsi, seperti Cimahi-Leuwipanjang, Cimahi-St.Hall, maupun Padalarang St.Hall via Cimahi.

“Restrukturisasi ini bukan membahas soal trayeknya, tapi rute yang dilewati trayek tersebut. Jadi bisa mengurai tumpang tindih angkutan dalam satu ruas jalan,” terangnya.

Dia mencontohkan, banyak angkutan yang seharusnya tidak melewati rute Jalan Gandawijaya, namun banyak yang melanggar dengan dalih penumpang lebih banyak di jalur tersebut.

“Jangan hanya mencari untung sendiri, tapi kalau ada bentrok di lapangan, itu Dishub lagi yang disalahkan. Untuk KKU angkutan juga harus paham dan taat aturan,” tegasnya.

Kendala restrukturisasi rute trayek angkutan, menurutnya adalah kebiasaan pengusaha angkutan melalui rute yang salah dan belum siapnya sarana dan prasarana penunjang.

“Mereka membenarkan kesalahan mereka melalui rute yang tidak sesuai. Biar pelaksanaannya maksimal, kita juga akan segera aktifkan terminal-terminal yang terbengkalai, seperti Terminal Citeureup,” tandasnya.

(dan)

loading...

Feeds

Ini Varian Kosmetik Baru Marcks’ dan Venus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemilihan produk kosmetik sebaiknya mempertimbangkan segi kecantikan dan kesehatan. Inilah yang mendorong PT Kimia Farma (Persero) Tbk …