Dibutuhkan 9 Bulan untuk Mencapai Mars

POJOKBANDUNG.com – National Aeronautics and Space Administration (NASA) percaya manusia bisa bermukim di Mars dalam 25 tahun ke depan. Dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (14/11), rintangan teknologi dan medis bisa menjadi sangat besar. Salah satu pejabat NASA mengatakan, tantangan yang dihadapi para ilmuwan sebelum mengirimkan manusia ke Mars itu banyak.

Mulai dari radiasi yang mematikan dari kosmos, potensi kehilangan penglihatan, perubahan pertumbuhan pada tulang, semua itu hanya beberapa tantangan yang harus dihadapi para ilmuwan. “Biaya untuk memecahkan semua itu masih kurang di bawah anggaran saat ini,” kata mantan astronot NASA Tom Jones.

Dengan teknologi roket saat ini, dibutuhkan sembilan bulan untuk mencapai Mars. Sebagai contoh, para ilmuwan berpikir misi terbang ke mars juga menyebabkan perubahan permanen pada pembuluh darah di retina, yang menyebabkan degradasi penglihatan.

nasa, mars, planet,
Dengan teknologi roket saat ini, dibutuhkan sembilan bulan untuk mencapai Mars (Reuters)

Salah satu cara untuk mengurangi risiko pada tubuh manusia secara dramatis adalah mengurangi waktu perjalanan ke Mars. Jones menyerukan sistem propulsi nuklir yang akan memiliki manfaat tambahan untuk menghasilkan listrik di penerbangan.

“Jika kita mulai sekarang, dalam 25 tahun kita mungkin memiliki teknologi tersedia untuk membantu kita dan melindungi kita dari waktu perjalanan ke Mars yang panjang ini,” katanya.

Kepala Ilmuwan di NASA Goddard Space Flight Center, Jim Garvin mengatakan, InSight akan mengisi hal-hal yang tidak diketahui dan membantu membangun pemahaman soal Mars. Pada tahun 2020, misi lain akan melihat NASA mengirim rover ke Mars yang bertujuan untuk menentukan kelayakan lingkungan Mars untuk hidup baru, mencari tanda-tanda kehidupan kuno, dan menilai sumber daya alam dan bahaya bagi penjelajah manusia di masa depan.

(ina)

 

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.