Politik Erdogan Bisa Jadi Inspirasi

ilustrasi politik erdogan

ilustrasi politik erdogan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ilmu politik Recep Tayyip Erdogan bisa dijadikan pegangan bagi masyarakat muslim di Indonesia. Terlebih, sejauh ini Erdogan mampu mengembalikan masa keemasan Turki. Dengan pemikirannya, politisi yang dijuluki sebagai “Muadzin Istanbul Penumbang Sekularisme Turki” ini mampu menumbangkan otoritarianisme yang memarginalkan Islam.


Demikian diungkapkan penulis buku “Revolusi Sunyi Erdogan” Muhammad Syaroni Rofii, saat bedah buku di sebuah kafe di Sadang Serang Kota Bandung, belum lama ini.

Menurut dia, perjalanan seorang Erdogan yang sukses melakukan revolusi secara diam-diam di Turki, bisa ditiru dalam politik di Indonesia. Sebab, telah terbukti bahwaw Erdogan mampu membalikan keadaan dalam situasi yan sulit.

“Atas perjuangannya, Turki bisa menjadi negara muslim yang berhasil dalam membangun proyek prestisius dengan standar eropa. Sehingga, apa salahnya kalau hal yang baik itu di lakukan di Indonesia,” kata Roni, sapaannya.

Saat melakukan penelurusan sejarah, ia menyebutkan, ternyata Turki bukanlah negara kaya, namun, dengan kegigihan dalam melakukan revolusi, negara tersebut berhasil menggratiskan biaya pendidikan dan biaya kesehatan. Bahkan, Infrastruktur mereka mampu melebihi eropa.

“Dalam hal ini, hanya sosok Erdogan yang bisa melakukan revolusi tanpa harus menumpahkan darah,” ujarnya.

Dengan kekuatan retorikanya, saat berkampanye, Erdogan berhasil melarang penggunaan minuman keras yang semula di Turki tidak ada larangannya. Cara yang dilakukannya pun tidak arogan melainkan dengan cara halus. Selain itu, tidak juga terlalu membawa nama agama.

“Cukup dengan mengatasnamakan kesehatan, masyarakat di Turki akhirnya paham bahwa minuman keras itu tidak baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Indek, Musadad mengatakan, sebagai lembaga yang dibentuk untuk fokus dalam kajian, sosok Erdogan merupakan prototipe untuk dijadikan kajian. Sehingga pihaknya menggelar bedah buku hasil tulisan Muhammad Syaroni Rofii. Selain itu, Erdogan merupakan salah satu prototipe yang di kaji oleh pihaknya.

“Bedah buku ini, tentu diharapkan masyarakat Indonesia bisa memiliki wawasan luas terkait tokoh-tokoh revolusioner yang inspiratif,” ucapnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …