Ada Kartu Nikah, Bagaimana dengan Pasutri Lama?

POJOKBANDUNG.com – Bukan hanya pengantin baru, pasangan suami istri (pasutri) yang sudah lama menikah juga akan mendapatkan kartu nikah dari Kementerian Agama (Kemenag). Mereka yang datanya secara jelas tercantum di KUA ditargetkan bisa memiliki kartu nikah akhir 2018.

“Kemarin itu kan sudah diluncurkan. Pengirimannya mulai efektif bulan ini. Akhir tahun ini sudah bisa dapat yang sudah menikah,” ujar Direktur KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag Moehsen saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (13/11).

Namun demikian, dia menjelaskan bahwa kehadiran kartu tersebut adalah untuk melengkapi kepemilikan buku nikah. Artinya, buku nikah akan tetap dikeluarkan bagi para calon pengantin yang akan menikah.

“Kehadiran kartu nikah ini melengkapi saja. Bahwa kami punya dokumen. Yang satunya dokumen namanya buku nikah, yang satu lagi kartu nikah. Ini sama-sama memiliki fungsi mempermudah. Tapi yang satu ini (kartu) berbasis online,” terang dia.

Kartu nikah sendiri didesain dengan sebuah aplikasi sistem informasi manajemen nikah (Simkah). Di dalamnya, tersaji data dan informasi terkait data pernikahan warga pemegang kartu.

“Selain menyajikan sistem pendaftaran dan pencatatan nikah yang online, kami juga menyajikan survei indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan. Kami juga menyediakan informasi data nikah yang kemudian berbasis IT tadi,” paparnya.

Sebagai informasi, kartu nikah merupakan inovasi Kemenag untuk memudahkan pasutri. Sebab, berbeda dari buku nikah, kartu tersebut akan dibuat seukuran kartu ATM ataupun kartu tanda penduduk (KTP). Kemenag memprioritaskan distribusi satu juta kartu nikah pada tahun ini untuk pengantin baru se-Indonesia.

PeluncuranPelunc nikah sejatinya sudah berjalan seiring dengan aplikasi Simkah yang kini sudah bisa diunduh melalui www.simkah.kemenag.go.id. Simkah terkoneksi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri dan Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) Kementerian Keuangan.

(ce1/yes)

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.