Jenazah Warga Baleendah Diantar Pakai Perahu, Ini Instruksi Ridwan Kamil

Ilustrasi warga antar jenazah pakai perahu saat banjir

Ilustrasi warga antar jenazah pakai perahu saat banjir

Viral Video Warga Antar Jenazah saat Banjir

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Warga Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengantarkan Abah Lili, 84 seorang warga yang meninggal saat banjir. Abah Lili adalah warga Kampung Ciputat, RT 02 RW 06, Kelurahan Andir, Kabupaten Bandung yang meninggal pada Senin (12/11) kemarin.


Dalam video,yang beredar di media sosial, beberapa warga Baleendah tengah mengurusi jenazah Abah Lili. Pada awalan video menunjukan Almarhum sudah di dalam keranda kemudian dinaikan ke sebuah perahu yang akan mengantarkan ke lokasi pemakaman.

Hal itu dilakukan karena daerah Baleendah masih menyisakan genangan air hujan setinggi 60 centimeter akibat hujan deras yang telah mengguyur di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Bandung. Dalam keterangan video tersebut, Abah Lili meninggal karena sudah sepuh. Kemudian Jenazah diurus dan dikafani oleh DKM Masjid setempat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespon soal bencana banjir yang kerap terjadi setiap musim hujan di Bandung Raya. Bahwa semua pihak baik pemimpin daerah serta warga harus bersinergi dalam mengupayakan masalah banjir.

“Iya saya kira kalau daerah tingkat dua harus lebih proaktif dari masyarakat, Bupati lebih proaktif,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (13/11).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun tentunya ikut bertanggung jawab terkait masalah banjir. Maka program-program besar salah satunya Citarum akan dieksekusi pada 2019.

“Tapi saya sampaikan program-program besar seperti Citarum itu sebagain besar sedang direncana dan dieksekusi mulai 2019. Jadi yang sifatnya solutif jangka panjang memang kita akan kebut itu komitmen saya,” ujarnya.

“Pas kejadian longsor di Gentong, Naringgul juga banjir sudah kami tugaskan untuk memastikan meminimalisir permasalah termasuk korban jiwa. Jadi nanti perkuat lagi,” tuturnya.

Bandung Raya merupakan salah satu wilayah yang langganan banjir setiap musim hujan. Seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, termasuk Cimahi. Maka langkah ke depan Kang Emil akan memanggil semua kepada daerah Bandung Raya untuk membahas masalah banjir tersebut.

(ona)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …