Nih, Bandingkan Gaji Guru SMK Negeri dan Swasta

Banyaknya lulusan SMK menganggur karena keahlian yang mereka miliki tidak sesuai kebutuhan industri. Di satu sisi, bagaimaNa bisa lulusan SMK berkualitas bila tenaga pengajarnya tidak sejahtera.

Banyaknya lulusan SMK menganggur karena keahlian yang mereka miliki tidak sesuai kebutuhan industri. Di satu sisi, bagaimaNa bisa lulusan SMK berkualitas bila tenaga pengajarnya tidak sejahtera.

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ikut menyumbang angka pengangguran terbuka di Indonesia. Saat ini angka pengangguran terbuka mencapai 7 juta orang dan didominasi lulusan SMK.


Menurut Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Didi Suprijadi, salah satu penyebab banyaknya lulusan SMK menganggur karena keahlian yang mereka miliki tidak sesuai kebutuhan industri.

Di satu sisi, bagaimana bisa lulusan SMK berkualitas bila tenaga pengajarnya tidak sejahtera. Saat ini ada 3.000 SMK negeri dan 10 ribuan SMK swasta.

Bila dilihat dari gaji guru SMK negeri dan swasta sangat jomplang. Gaji guru SMK negeri di Jakarta Rp 10 juta sampai Rp 13 juta. Guru SMK swasta Rp 2 juta.

“Perbedaan tersebut menjadi pemicu mengapa lulusan SMK banyak yang tidak berkualitas. Harusnya kesejahteraan guru SMK negeri dan swasta diratakan,” ucap Didi, Senin (12/11).

Dia juga menyarankan SMK lebih baik ditangani pemerintah agar gaji guru lebih baik. Di sekolah swasta gaji guru ditetapkan yayasan dan tergantung pada banyak tidaknya murid. Semakin banyak siswa yang orangtuanya punya kemampuan membayar uang sekolah, gaji guru terdongkrak naik.

“Perbedaan SMK negeri dan swasta sangat jomplang. Sedangkan untuk SMA, baik swasta maupun negeri perbedaannya tidak terlalu jauh. Kalau ingin lulusan SMK berkualitas, lebih baik pemerintah yang mengelola SMK,” tandasnya.

(esy)

Loading...

loading...

Feeds

DJUNAIdi : Puji Buah Karya Pemuda Lokal

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi, terkesima melihat robot asli produk lokal anak bangsa. Ia …

Distribusi Tenagai Pendidik Harus Dibenahi

Bandung – Pemerintah diminta fokus menyelesaikan permasalahan distribusi pengajar dengan solusi terbaik. Selain itu, hal ini pun harus diiringi dengan …

PSS Sleman Vs Persib, Maung Bandung Tetap Waspada

Pertandingan lanjutan Liga 12019 pekan ke-31 akan mempertemukan PSS Sleman vs Persib.Pertandingan PSS Sleman vs Persib ini akan dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sabtu …

Unpad Tambah Guru Besar

Universitas Padjajaran (Unpad) mengukuhkan Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Farmakologi dan Farmasi …

Benefit Day Penuhi Kebutuan Mitra Grabbike

POJOKBANDUNG.com, RIBUAN mitra Grabbike antusias hadiri acara Grab Benefit Day di Miko Mall Kopo Bandung. Dalam kegiatan tersebut, para mitra …