Ketahui 10 Manfaat Bit untuk Kesehatan

Buah Bit yang kaya akan manfaat.

Buah Bit yang kaya akan manfaat.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bit adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Buah bit dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus atau dimakan mentah.

Tapi, bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah. Manfaat buah bit bisa didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium dan zat besi.

Minuman sari buah bit asal Desa Cingcin Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Minuman menyegarkan yang menyehatkan.

Bit rendah lemak dan kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bit juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi efek peradangan.

Berderet nutrisi yang terkandung dalam bit tentu membuat umbi yang sering kali disangka buah ini, memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Apa saja manfaat buah bit? Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Care2.

1. Kesehatan Seksual Pria

Baik bit dan bit hijau adalah sumber mineral seng yang baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Human Reproductive Sciences, peneliti menemukan bahwa zinc dosis sedang meningkatkan kesehatan seksual pria, termasuk kemungkinan berkurangnya ejakulasi dini, peningkatan kemampuan untuk mempertahankan aktivitas seksual untuk waktu yang lebih lama dan meningkatkan kadar testosteron.

2. Membantu Mencegah atau Mengobati Penyakit Alzheimer

Bit benar-benar makanan otak, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang memberikan bit warna ungu mencolok mereka, yang dikenal sebagai betanin, sebenarnya berinteraksi dengan plak di otak mereka dengan penyakit Alzheimer, mengganggu beberapa efek berbahaya plak di otak.

3. Membantu Meringankan Palpitasi Jantung

Bit/beet adalah salah satu sumber makanan terbaik dari kalium mineral. Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur detak jantung dan sinyal saraf. Sayangnya, karena tingginya jumlah sodium dalam makanan dan fakta bahwa natrium menggantikan kalium, hal ini menjadi salah satu kekurangan gizi yang paling umum di Amerika, dengan beberapa perkiraan sekitar 98 persen dari populasi mengalami defisiensi. Mengatasi kekurangan ini bisa membantu mengurangi palpitasi jantung.

4. Peningkatan kekebalan tubuh

Karena bit adalah sumber seng yang baik, mereka memastikan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Seng adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan untuk memastikan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat mampu melawan infeksi, superbug atau bahkan flu jahat yang terjadi.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebelum Anda panik tentang tekanan darah tinggi, Anda mungkin ingin mencoba bit. Itu karena penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis Nitric Oxide menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak nitrat sangat membantu dalam perawatan hipertensi. Dan bit ternyata menjadi sumber yang baik dari nitrat yang terjadi secara alami, yang diubah dalam tubuh Anda menjadi nitrit oksida — senyawa yang meningkatkan tekanan darah. Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension menemukan bahwa jus bit mentah lebih efektif daripada bit yang dimasak, meskipun keduanya bermanfaat.

6. Meningkatkan Kapasitas Latihan Pada Pasien Gagal Jantung

Penelitian terbaru dari Indiana University menunjukkan bahwa suplemen jus bit meningkatkan kapasitas latihan pada pasien dengan gagal jantung.

7. Meningkatkan Kesehatan Prostat

Mineral seng, ditemukan dalam bit, sangat penting untuk kesehatan prostat.

8. Mengikat Logam Berat

Bit mengandung nutrisi antioksidan kuat yang dikenal sebagai alpha lipoic acid, yang telah terbukti mengikat logam berat seperti timbal dan merkuri untuk membantu menghilangkannya dari tubuh.

9. Mencegah Tulang Keropos

Asam lipoat alfa yang ditemukan dalam bit juga telah ditemukan untuk membantu mencegah keropos tulang yang terkait dengan osteoporosis, terutama selama dan setelah menopause.

10. Memerangi Leukemia

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, para peneliti membandingkan efek dari minum kombinasi bit dan jus wortel sendiri atau dalam kombinasi dengan obat klorambusil anti-leukemia terhadap leukemia. Mereka menyimpulkan bahwa kombinasi beetroot-jus wortel bisa digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk (leukemia) sendiri atau dalam kombinasi dengan klorambusil bila diambil secara oral dengan diet biasa setiap hari.

(fny)

loading...

Feeds

Sidang Korupsi Meikarta Digelar Besok Rabu

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan empat tersangka dalam kasus dugaan suap proyek Meikarta ke Pengadilan Tipikor. Bahkan majelis …