Ridwan Kamil Minta Jokowi Bantu Pemekaran Daerah di Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia, yakni sekitar 50 juta orang lebih. Jumlah penduduk tersebut dinilai tidak seimbang dengan jumlah wilayah yang hanya memiliki 27 kota dan kabupaten.


Pemerintah Provinsi pun telah merencanakan untuk melakukan pemekaran di Jawa Barat. Namun perlunya dukungan pemerintah pusat untuk merealisasikan rencana tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta, bantuan Presiden Joko Widodo untuk membantu dalam proses pemekaran di wilayahnya. Karena jika dibandingkan dengan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, jumlah wilayahnya lebih banyak.

“Kami memohon pada Presiden berkenan membantu pemekaran wilayah Jabar, terutama di Jabar Selatan. Karena banyak (desa) tertinggal,” kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan di acara Paguyuban Pasundan, Bandung, Minggu (11/11).

Tak hanya permohonan bantuan, Kang Emil sapaannya juga membeberkan prestasi sumber daya manusia dan beragam destinasi wisata di Jabar. Maka dari itu, Pemprov Jabar mendukung nawacita Jokowi-Jusuf Kalla yang mengedepankan dalam hal pendidikan dan pariwisata.

“Dengan semangat silih asah asih asuh, kami ingin membangun Jabar Juara Lahir Bantin dan kami mensukseskan nawacita di bidang budaya. Karena itu adalah keunggulan dari Tanah Pasundan yakni pendidikan dan pariwisata,” jelasnya Kang Emil.

Kang Emil pun menyinggung perihal kejadian membanggakan dan menyejukan saat pagelaran Asian Games 2018 lalu. Dimana Jokowi dan Prabowo berpelukan di hadapan masyarakat luas karena inisiatif atlet asal Jabar, yakni Hanifan YK sebagai peraih medali emas cabang olahraga Pencak Silat.

Tak lupa, mantan Wali Kota Bandung pun mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Jokowi atas raihan gelar Pinisepuh dari Paguyuban Pasundan.

(ona)

Loading...

loading...

Feeds