Jumlah CPNS yang Lolos Tak Penuhi Kuota

ilustrasi tes CPNS.

ilustrasi tes CPNS.

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG- Peserta tes CPNS yang lolos pada tahap awal jumlahnya tidak memenuhi kuota CPNS yang dimikili Pemkot Bandung.

“Tes tahun ini memang tes-nya paling sulit dibandingkan tes-tes sebelumnya,” ujar Kepala Bidang Perencanaan Data dan Informasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, Rachmat Satiadi.

Seperti diketahui, kuota CPNS untuk Pemkot Bandung dari Kemenpan RB sebanyak 790, sedangkan peserta tes CPNS sebanyak 19.169, namun yang lolos pada tes awal sebanyak 674 orang.

“Kami baru mendapat informasi hanya 674 yang lolos tes tahap awal atau tes kompetensi dasar. Tes tahap awal ini terdiri dari tes intelegensi umum, tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Karakteristik Pribadi.‎ untuk selanjutnya ada tes lanjutan, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang, namun kami belum diberi kabar kapan akan dilaksanakan,” papar Rachmat.

Menurut Rachmat, dari tes kompetensi dasar, bobot yang paling besar adalah tes karakteristik pribadi sebanyak 143 poin.

“Ini sengaja dilakukan, untuk mencari PNS-PNS berintegrasi,” terangnya.

Bahkan Rachmat menceritakan, ada dokter yang tes intelegensi tinggi, namun tes kepribadiannya rendah, maka tidak akan lulus.

“Kalau orang yang punya kepribadian baik, urusan kemampuan bisa diasah. Tapi kalau kepribadian sudah jelek maka akan sulit bekerja baik,” paparnya.

Rachmat mengatakan, jumlah peserta lolos di Kota Bandung terhitung baik dibandingkan di kota lain.

“Di kita jumlah yang lolos ini mencapai 80 persen, itu lebih baik daripada di kota lain,” tambahnya.

Atas hasil ini, Rachmat mengatakan, akan meminta pusat untuk mengevaluasi sistem tes CPNS ini.‎
Kepada para peserta tes CPNS yang sudah lolos tahap awal, Rachmat menitipkan agar menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada kesalahan teknis atau keterlambatan saat akan mengikuti ujian.

“Pada tes awal kemarin, ada yang datang 15 menit sebelum tes dimulai. Padahal kami memberi tahu sebaiknya datang 1 jam sebelum tes dimulai,” terangnya. (mur)‎

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …