Waduh…Ada Pulau di Jepang Hilang

Sebuah pulau kecil di Jepang Utara dilaporkan hilang. Dilansir dari Japan Times pada Sabtu, (3/11), pulau yang dikenal sebagai Esambe Hanakita Kojima tersebut pertama kali resmi disurvei dan didaftarkan oleh penjaga Pantai Jepang pada tahun 1987, walau saat itu tidak dilaporkan seberapa besar pulau tersebut.

Sebuah pulau kecil di Jepang Utara dilaporkan hilang. Dilansir dari Japan Times pada Sabtu, (3/11), pulau yang dikenal sebagai Esambe Hanakita Kojima tersebut pertama kali resmi disurvei dan didaftarkan oleh penjaga Pantai Jepang pada tahun 1987, walau saat itu tidak dilaporkan seberapa besar pulau tersebut.

POJOKBANDUNG.com – Sebuah pulau kecil di Jepang Utara dilaporkan hilang. Dilansir dari Japan Times pada Sabtu, (3/11), pulau yang dikenal sebagai Esambe Hanakita Kojima tersebut pertama kali resmi disurvei dan didaftarkan oleh penjaga Pantai Jepang pada tahun 1987, walau saat itu tidak dilaporkan seberapa besar pulau tersebut.


Pulau tersebut dilaporkan mempunyai tinggi 1,4 meter di atas permukaan laut, dan terlihat dari ujung paling utara Hokkaido. Namun sekarang, pulau itu telah menghilang.

Surat kabar Asahi melaporkan, awalnya fenomena itu menimbulkan kekhawatiran aktivitas seismik misterius, tetapi ahli geologi mengatakan itu mungkin hasil dari tanah longsor yang mendorong permukaan bawah air naik. Para pejabat Jepang percaya bahwa pulau itu secara bertahap telah terkikis oleh elemen-elemen, termasuk es yang menutupi area.
pulau di jepang hilang, pulau, jepang,
Surat kabar Asahi melaporkan, awalnya fenomena itu menimbulkan kekhawatiran aktivitas seismik misterius (Asia One)

Namun hilangnya pulau dapat mempengaruhi perairan teritorial Jepang meski sedikit. Penjaga pantai telah ditugaskan untuk melakukan survei di daerah itu untuk melihat apakah sisa-sisa pulau itu tetap ada.

Bahkan jika pangkal pulau itu dapat ditemukan, pulau itu tidak akan lagi memenuhi definisi hukum internasional dari sebuah pulau.

Pulau Esanbe Hanakita Kojima, yang secara resmi mendapatkan nama pada tahun 2014 oleh Tokyo dalam upaya untuk memperkuat kontrol hukum atas ratusan pulau terpencil dan memperluas zona ekonomi eksklusif, tampaknya telah tenggelam tanpa jejak. Pada tahun 2013, sebuah pulau vulkanik muncul sekitar 1.000 kilometer (620 mil) selatan Tokyo.

(ina/JPC)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …