Nekat… Sabu Senilai Rp 2 Miliar ‘Ditempel’ ke Badan

TERCIDUK: Sabu senilai Rp2 miliar berhasil digagalkan petugas Bea dan Cukai, tersangka merupakan Warga Negara Malaysia yang mewrapping sabu ke seluruh tubuhnya. ( foto : NIDA KHAIRIYYAH/POJOK BANDUNG)

TERCIDUK: Sabu senilai Rp2 miliar berhasil digagalkan petugas Bea dan Cukai, tersangka merupakan Warga Negara Malaysia yang mewrapping sabu ke seluruh tubuhnya. ( foto : NIDA KHAIRIYYAH/POJOK BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG -Warga Negara Malaysia, TKC (24) diciduk Petugas Bea dan Cukai di Bandara Husein Sastranegara, karena menyelundupkan methampethamine (sabu, red) 1,055 kilogram seharga Rp2 miliar.


Pengeledahan berawal dari laporan intelijen yang menyebut akan dilakukannya pengiriman barang haram tersebut dari Malaysia ke Bandung.

Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution mengatakan, berdasarkan laporan tersebut, pihaknya mengidentifikasi ciri-ciri pelaku yang menjadi target penangkapan.

Pada Minggu (28/10/2018) pukul 13.30 WIB, tersangka tiba di Bandung dengan menggunakan pesawat Air Asia rute Kuala Lumpur-Bandung.

“Sesampainya di Husein Sastranegara, kita sudah mengidentifikasi awal TKC. Kita dalami fisiknya, badan, wajah dan rambut. Lalu kita lakukan pemeriksaan mendalam bersama pihak kepolisian dan TNI AU,” ucapnya di Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Barat, Selasa (31/10/2018).

Selain pengamatan fisik, lanjutnya. petugas pun memperhatikan gerak tubuh pelaku yang sudah mencurigakan.

“Petugas menduga yang bersangkutan membawa sesuatu. Pada saat masuk ke area Bea Cukai, kita periksa barang, kita periksa badan,” tambahnya.

Hasilnya, lanjut dia, petugas mendapati TKC membawa sabu yang disimpan di dada, punggung dan area vital.

“Dia menggunakan karet di dada, wrapping. Ada bungkusan di dada, punggung dan celana dalam,” tuturnya.

Setelah diperiksa, barang bukti langsung di serahkan ke Polda, untuk ditindaklanjuti. Akibat perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 102 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Kepabeanan, pasal 113 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang narkotika dengan ancaman hukuman berupa pidana mati, penjara seumur hidup, atau paling sedikit penjara lima tahun.

Loading...

loading...

Feeds

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …