Waduh…Sembilan Rumah Perumahan Bukit Sukanagara Resort di Soreang Ambruk

Perumahan Sukanagara Resort, Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung longsor, Minggu (28/10/2018) sore.

Perumahan Sukanagara Resort, Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung longsor, Minggu (28/10/2018) sore.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Sebanyak sembilan rumah di Perumahan Bukit Sukanagara Resort Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung hancur, Minggu (28/10/2018) sore. Penyebabnya tanah longsor yang diduga kondisi tanah yang labil lantaran terletak di kemiringan yang cukup curam.

Beruntung, peristiwa tersebut tak menimbulkan korban jiwa. Kerugian materi diperkirakan capai ratusan juta rupiah. Berdasarkan panataun sembilan unit rumah rusak dengan rincian tiga unit ambruk dan enam unit lainnya rusak parah. Sisa material bangunan yang rusak tampak berserakan.

“Kemarin sore itu hujan cukup deras.Tiba-tiba terdengar suara bergemuruh dan beberapa rumah di perumahan itu ambruk,” ujar Asep (49), salah seorang warga Kampung Buminagara yang berdekatan dengan Perumahan Sukanagara Resort, Senin (29/10/2018).

Asep mengatakan, perumahaan itu dimulai pembangunannya sejak lima tahun lalu. Sebagian besar dalam keadaan kosong tanpa penghuni.Kejadian longsor tak menimbulkan korban jiwa. Beberapa rumah yang telah dihuni, lokasinya berjauhan dengan kawasan yang diterjang longsor.

“Ada sekitar 70 rumah. Sebagian rumah ada yang dihuni ada yang belum dihuni. Ya, untungnya yang rubuh rumah kosong,” ujarnya.

Asep menilai wajar terjadi longsor karena perumahan itu dibangun di atas bukit yang curam, gembur, dan tidak ada pohon tegakan.

Seorang tokoh masyarakat Kampung Buniagung, Desa Sukanagara, Wawan Maryana mengatakan, longsor di perumahan Bukit Sukanagara Resort terjadi karena memang perumahan tersebut dibangun di ketinggian. Bahkan, kata dia rumah-rumah di sana dibangun di atas lahan dengan kemiringan lebih dari 30 derajat.

“Pondasi bangunan itu didirikan diatas tanah urugan. Bahkan tidak sampai ke tanah keras yang ada di bawahnya. Pepohonan di sana juga habis ditebang dan lahan diurug diratakan. Ya wajar saja kalau longsor,” pungkas Wawan.

(ard)

loading...

Feeds

Bank Muamalat Incar Nasabah Prioritas

BANDUNG –Bank Muamalat menggelar Customer Gathering di Bandung, pada Kamis, (13/12). Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye gerakan #AyoHijrah, sekaligus mempererat …

Giring Ganesha Mau Nikah Lagi?

Jagad media sosial dikejutkan dengan video berjudul 'Giring Ganesha Mau Nikah lagi?'. Video tersebut diunggah oleh Giring sendiri di akun …