Masalah Anak Jalanan Harus Didorong Semua Pihak

Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Ahmad Nugraha (kiri) dan Ketua KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara  (kanan)

Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Ahmad Nugraha (kiri) dan Ketua KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara (kanan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Saat ini Kota Bandung merupakan salah satu kota, yang mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak dan Layak Anak muda walau demikian, keberadaan anak jalanan kembali banyak muncul di sejumlah kawasan dan persimpangan lampu merah.


Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Ahmad Nugraha mengatakan, dalam menyelesaikan persoalan tersebut membutuhkan peran semua pihak, termasuk generasi muda. Mengingat pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, tapi juga penting kesadaran dari masyarakat

“Pemerintah perlu kerjasama dengan semua elemen dalam penanganan anak jalanan. Disinilah peran pemuda sebagai generasi penerus untuk menawarkan solusi dalam persoalan ini,” ungkapnya di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa (30/10).

Menurut Ahmad, dalam penanganan anak jalanan yang terpenting ada edukasi dan kolaborasi. Sehingga semua pihak terkait dapat saling bersinergi, sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri.

“Tidak kalah penting adalah sinergi dari semua pihak, baik dinas, komunitas, aktifis, pemuda dan lain sebagainya. Terlebih dalam pembinaan anak jalanan, Kota Bandung memiliki Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos),” kata Ahmad.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung, Nenden Mulyani mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemkot Bandung, berupaya mencari solusi bagi anak jalanan. Mengingat kondisi yang mengkhawatirkan dengan menjamurnya anak jalanan di Kota Bandung.

Berdasarkan data yang ia miliki, anak jalanan memiliki semacam koordinator yang menggiring untuk turun ke jalan. Setelah turun kejalan kegiatanya tak lain untuk kebutuhan Ekonomi.

“Kebanyakan berasal dari luar Kota Bandung yang dikoordinir. Maka meminimalisirnya ya dengan mengajak berbagai kegiatan positif,” sambungnya.

Ia mengaku, meski turun ke lapangan, pihaknya tidak memiliki angka pasti berapa jumlah anak jalanan di Kota Bandung, karena angkanya yang berubah-ubah setiap harinya. Namun yang terpenting adalah bagaimana solusi dalam mengurai pola kehidupan anak jalanan tersebut.

“Mayoritas mereka turun ke jalan karena faktor ekonomi. Maka kita berupaya mengajak kepada kegiatan lain, yang juga berdampak ekonomi tapi tidak menjadi anak jalanan,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara berharap setiap organisasi kepemudaan di Kota Bandung, memiliki kesadaran akan persoalan anak jalanan. Walaupun diakuinya bahwa program yang dilakukan pemerintah sudah mulai efektif, namun tetap sebagai pemuda penting memiliki jiwa kritis terhadap persoalan di sekitar.

“Dengan dinobatkannya Kota Bandung sebagai kota layak anak, maka harus ada tindakan konkrit untuk mendukungnya. Sehingga pemuda juga harus menjadi bagian dari pemecahan persoalan ini,”pungkasnya.

(azs)

 

Loading...

loading...

Feeds

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …