Kisah Ai Saidah Karisma, Seorang Kader JKN yang Tangguh

Ai Saidah Karisma

Ai Saidah Karisma

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ai Saidah Karisma (35), termasuk orang yang  terbiasa menolong. Ini bisa dilihat pada aktivitasnya sebagai pengiat Posyandu. Namun, kini ia punya kesibukan tambahan, menjadi KADER JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).


Inilah hebatnya. Dalam waktu singkat ia menjadi kader terbaik kedua dalam hal kolektabilitas dan jumlah orang yang dikunjunginya. Selain berbagai aktivitas lainnya Saidah mempunyai usaha kecil berjualan pakaian melalui media online.

Apa itu kader JKN-KIS? Bahasa sederhananya adalah relawan, tetapi di BPJS Kesehatan disebut sebagai Kader JKN-KIS dan lebih tepatnya sebagai mitra BPJS Kesehatan. Saidah menjadi relawan yang giat menolong, apalagi aktif di Posyandu, Ibu tiga anak ini biasa membantu orang-orang di sekitarnya dalam mengurus administrasi di kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Kabupaten Bandung. Karena sering bolak-balik ke kantor BPJS Kesehatan, Saidah melihat adanya informasi perekrutan Kader JKN-KIS di BPJS Kesehatan Cabang Soreang.

Lalu Saidah mencoba melamar dan akhirnya direkrut menjadi Kader JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang Soreang. Saidah mengikuti pelatihan khusus tentang apa dan bagaimana menjadi Kader JKN-KIS. Saidah mulai menjadi Kader JKN pada bulan Januari 2018, jadi belum genap satu tahun pada Oktober 2018 ini.

“Banyak suka dan dukanya selama menjadi Kader, terutama waktu di awal menjadi Kader, banyak yang menolak kunjungan saya, banyak yang mengusir saya, banyak yang tidak percaya kalau saya Kader JKN”, ujar Saidah.

Namun berbagai tantangan itu tetap dijalani Saidah dengan sabar dan semangat seperti pepatah Sunda yang mengatakan “cikaracak ninggang batu laun laun jadi legok” yang artinya jika rajin dan sabar, apapun halangannya tentu akan bisa diatasi.

“Walaupun banyak warga yang menolak, tapi lambat laun setelah terus menerus dikunjungin, diberikan edukasi, diberikan pemahaman dan akhirnya wargapun menerima saya dan membutuhkan saya ketika mereka hendak membayar iuran ataupun sekedar menanyakan informasi soal BPJS Kesehatan,” ucap Kader JKN-KIS terbaik kedua di Kantor Cabang Soreang ini.

(ard)

Loading...

loading...

Feeds