Tiongkok Mulai Marah Saat AS Jual Senjata ke Taiwan

AS setuju untuk menjual rudal, torpedo, dan sistem peringatan dini ke Taiwan seharga USD 1,4 miliar (Reuters)

AS setuju untuk menjual rudal, torpedo, dan sistem peringatan dini ke Taiwan seharga USD 1,4 miliar (Reuters)

POJOKBANDUNG.com – Selain masih perang dagang dengan Amerika Serikat, Tiongkok mulai kebakaran jenggot saat Amerika Serikat menyetujui penjualan senjata senilai USD 330 juta untuk Taiwan. Dilansir dari CNBC beberapa waktu yang lalu, kontrak itu dikonfirmasi dalam proses dengan rincian persediaan suku cadang dan perbaikan yang harus dibeli dari AS untuk pesawat militer Taiwan.


Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang mengatakan, pihaknya marah atas kesepakatan jual beli senjata AS-Taiwan. Tiongkok telah membuat sikapnya jelas kepada perwakilan AS.

The Pentagon’s Defense Security Cooperation Agency mengatakan,  penjualan yang diusulkan akan berkontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat. Pernyataan itu menyiratkan bahwa Taiwan terus menjadi kekuatan penting untuk stabilitas politik, keseimbangan militer, dan kemajuan ekonomi di kawasan Amerika sendiri.

tiongkok, taiwan, senjata,
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang mengatakan, pihaknya marah atas kesepakatan jual beli senjata AS-Taiwan (Reuters)

Politisi senior di Beijing melihat Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri yang pada akhirnya akan direklamasi sebagai bagian dari daratan. Tiongkok telah menggunakan kekuatan ekonominya yang sedang tumbuh untuk meminta negara-negara yang berdagang dengannya untuk menerima pandangannya soal Taiwan.

Namun, banyak orang Taiwan ingin pulau mereka dianggap sebagai bangsa yang terpisah dan mempunyai kekuatan global lainnya. Termasuk Amerika Serikat yang telah bergelut dengan bahasa diplomatik untuk memuaskan kedua pihak.

Di bawah Presiden George W. Bush dan Barack Obama, kesepakatan militer dengan Taiwan menjadi berkurang karena Washington berusaha meningkatkan hubungannya dengan Beijing. Jika disetujui oleh Kongres AS, penjualan senjata terbaru ini akan menandai kesepakatan senjata kedua antara Taiwan dan AS selama masa jabatan Presiden Donald Trump.

Kesepakatan pertama, dan jauh lebih besar, dilakukan pada Juni 2017 ketika AS setuju untuk menjual rudal, torpedo, dan sistem peringatan dini ke Taiwan seharga USD 1,4 miliar. Pada saat itu, seorang duta besar Tiongkok mengatakan kesepakatan itu merusak kepercayaan antara Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

(ina/JPC)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …