Resmi, Jokowi Akhirnya Gratiskan Tol Suramadu

PEMBEBASAN TARIF: Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat meresmikan penghapusan tarif tol Suramadu, Sabtu (27/10).

PEMBEBASAN TARIF: Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat meresmikan penghapusan tarif tol Suramadu, Sabtu (27/10).

POJOKBANDUNG.com, MADURA – Pemerintah akhirnya meresmikan pembebasan tarif tol Jembatan Suramadu, Sabtu (27/10). Presiden RI Joko Widodo yang meresmikan pembebasan tarif itu menyatakan Suramadu menjadi jalan non tol biasa.


Jokowi berharap, pembebasan tarif tersebut akan memberikan sejumlah keuntungan di sektor ekonomi. Antara lain, adanya investasi bidang properti dan keuntungan pada sektor pariwisata yang masuk ke Madura.

“Pada hari ini. Saya putuskan jalan tol Suramadu jadi jembatan non tol biasa,” kata Jokowi di Jembatan Suramadu, Sabtu (27/10).

Jembatan Suramadu
Penampakan Jembatan Suramadu di senja hari. (A Yusron Farisandy/Radar Madura/Jawa Pos Group)

Jokowi mengakui bahwa negara tidak lagi mendapat pemasukan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanjan Negara (APBN) atas pembebasan tarif tol tersebut. Menurutnya, pemasukan negara dari tarif tol Suramadu tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat.

“Sebagai bentuk rasa keadilan bagi masyarakat. Terutama, masyarakat Madura. Makanya, kita ubah dengan jalan non tol,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Gerbang Tol Suramadu Mudjiono mengatakan, pembebasan tarif tol itu berlaku mulai hari ini. Semua kendaraan roda dua, empat, dan lebih, bebas keluar masuk Jembatan Suramadu.

Lho, sudah. Ya ini (hari ini) gratis. Ya, sudah, berlaku semua (kendaraan). Nanti, saya bersihkan pos-posnya (loket tol),” kata Mudjiono.

(HDR/JPC)

Loading...

loading...

Feeds