Waspada Tetangga yang Ngontrak, Kriminalitasnya Lebih Tinggi

 pelaku YS ditangkap masyarakat kemudian dibawa ke Polsek Cimahi Selatan karena mencuri sepeda motor.

pelaku YS ditangkap masyarakat kemudian dibawa ke Polsek Cimahi Selatan karena mencuri sepeda motor.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pihak kepolisian mewanti-wanti warga di Kota Cimahi untuk waspada dan mengenal tetangga di lingkungan tempat tinggal, sebagai upaya menekan kasus pencurian.


Diungkapkan oleh Kapolsek Cimahi Selatan, AKP Sutarman, pencuri yang beraksi di Kota Cimahi menyamar sebagai warga yang mengontrak atau tinggal di rumah kos, namun luput dari pengawasan warga setempat.

“Jangan sampai kita tidak kenal dengan tetangga, karena kadang tetangga kita itu bisa saja merupakan pelaku kriminalitas, seperti pencurian, penculikan, atau tindak pidana lainnya,” ungkap Sutarman saat dihubungi, Kamis (25/10).

Ketua RT dan Ketua RW juga mesti proaktif mengecek identitas para pendatang yang masuk ke wilayahnya. Sebab tak jarang petugas RT maupun RW acuh pada masyarakatnya.

“Harus selalu melakukan pengecekan identitas, apalagi untuk warga yang baru atau warga pendatang. Pelaku kejahatan di Cimahi sendiri berimbang antara pendatang maupun warga lokal,” jelasnya.

Terbaru, YS (32), pelaku pencurian kendaraan bermotor digerebek warga setempat di kontrakannya, Jalan Kamarung RT 04/04, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Kamis (25/10/2018) dinihari.

Penggerebakan tersebut dilakukan warga setelah pelaku kedapatan mencuri motor Honda Vario warna putih merah dengan nomor polisi D-4370-SAS, pada Rabu (24/10/2018) pukul 03.00 WIB milik Rian Zakaria (25).

Saat itu, YS mencuri motor yang diparkirkan oleh pemiliknya di teras rumahnya, Jalan H Danudin Nomor 18-A, RT 01/05, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Pencurian tersebut dilakukan oleh dua pelaku YS dan U (35), namun saat hendak dilakukan penangkapan oleh warga setempat, pelaku U berhasil melarikan diri dan saat ini telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Mereka melakukan pencurian, pelaku YS ditangkap masyarakat kemudian dibawa ke Polsek Cimahi Selatan tapi yang satunya melarikan diri,” ujarnya.

Saat ini, pelaku YS sudah diamankan di Mapolsek Cimahi Selatan untuk dilakukan penyidikan, sedangkan pelaku U, polisi saat ini tengah melakukan pengejaran.

“YS dilakukan penggerebekan dan ditangkap oleh warga karena tertangkap tangan saat melakukan pencurian motor Honda Vario itu,” katanya.

Selain melakukan penggerebegan dan penangkapan, warga juga melakukan penggeledahan di kontrakan pelaku untuk mencari barang bukti yang telah dicuri.

Berdasarkan keterangan tersangka YS, keduanya melakukan pencurian dengan sasaran motor yang sedang diparkir di halaman rumah maupun di dalam rumah dengan cara mengintai terlebih dahulu lokasi calon korbannya.

“Menurut pengakuan tersangka mereka baru dua kali melakukan pencurian motor. Barang bukti kemaren sudah kami amankan, tapi hasil pencurian sebelumnya sudah dijual,” katanya.

 

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …