Waspadai Banjir, Kelurahan Kerahkan Tim Gober

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Memasuki musim hujan aparat kewilayahan intensifkan kinerja tim gober.


“Tim gober bertugas membersihkan jalan dan sungai dari sampah-sampah, untuk mencegah terjadinya banjir,” ujar Camat Rancasari Sri Kurniasih, kepada wartawan Selasa (23/10).

Bahkan kinerja tim gober sudah disosialisasikan untuk dibagi menjadi dua shift. Yaitu pada pagi hari pukul 09.00-11.00 dan pukul 16.00-17.00,.

“Sengaja kami bagi dia shift agar kebersihan tetap terjaga. Terkadang kalau pagi sidah dibersihkan, sorenya kotor lagi. Makanya kami bagi jadi dua shift,” paparnya.

Jumlah tim gober sendiri, pada setiap kelurahan ada sekitar 10 orang. Dengan honor dikelola sendiri oleh kelurahan.
Sri mengatakan, di wilayahnya ada satu titik yang menjadi langganan banjir yaitu di Kelurahan Mekarjaya, yang terlewati Sungai Cidurian.

“Biasanya, di sekitaran Sungai Cidurian hanya banjir cileuncang. Tapi pernah juga banjir dari pukul 21.00 sampai pagi belum surut. Bahkan, beberapa waktu yang lalu, tanggul sungai Cidurian pernah jebol,” bebernya.

Namun, lanjut Sri, sekarang pihaknya sudah melakukan upaya mencegah banjir. Dengan bekerjasama bersama
Dinas Pekerjaan Umum ( DPU) Kota Bandung dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

“Untuk kerja sama dengan BBWS, yang kami lakukan adalah normalisasi sungai. Sedangkan dengan DPU, membersihkan saluran-saluran kecil,” paparnya.

Usai melakukan normalisasi, Sri mengatakan, belum tahu persis apakah bisa mengurangi atau menghilangkan banjir. Karena sampai sekarang, belum turun hujan dengan intensitas tinggi. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …