Sepakat, PKL Libur Sehari Seminggu

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana di tengah para PKL Cicadas. (Murwani)

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana di tengah para PKL Cicadas. (Murwani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana sepakat pedagang kaki lima (PKL)  harus libur sehari dalam satu mingu.


“Jadi hari ini saya datang dan bertemu langsung PKL Cicadas dan berdiskusi dengan mereka. Hasilnya, kami sepakat bahwa setelah ditata, akan ada satu hari untuk libur berjualan,” ujar Yana kepada wartawan seusai bertemu langsung dengan para PKL Cicadas, Selasa (23/10).

Yana mengatakan, saat libur ini bisa digunakan untuk membersihkan trotoar di kawasan Cicadas. Sehingga, kebersihan trotoar yang dipakai berjualan PKL tetap terjaga.

“Faktor keindahan dan ketertiban menjadi salah satu yang utama untuk penataan PKL Cicadas ini,” terang Yana.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan, diatur PKL berkelompok. Misalnya, satu kelompok terdiri atas lima PKL, nanti mereka bertanggungjawab atas kebersihan di sekitar mereka.

“Jika ditemukan ada sampah di sekitar mereka, maka satu kelompok akan kena sanksi,” tambah Yana.

Menurut Yana, pada dasarnya PKL tidak keberatan dengan penataan ini, karena mereka juga ingin tempat berjualan mereka nampak bersih dan nyaman bagi para pembeli dan untuk mereka sendiri.
Sementara, Ketua PKL Cicadas, Suherman mengatakan, pihaknya tidak menolak dengan penataan ini.
Menurut Suherman, sebenarnya, pada tahun 2002, sempat ada penataan PKL Cicadas.

“Tapi setelah penataan itu, lalu dibiarkan begitu saja, sehingga sekarang keadaannya jadi semerawut,” terangnya.

Menurut Suherman, para PKL ingin mendapat pembinaan dari Satpol PP. Misalnya, jika ada yang melanggar ditegur, sehingga pelanggaran tidak berulang dan kondisi tetap terjaga baik.

“Kalau sesama PKL, menegur PKL lain, meskipun kami pengurus, tidak akan didengar. Jadi ya sia-sia saja,” tambahnya.

Karenanya, jika sekarang ada penataan menurut Suherman, PKL menyambut baik.
Kalaupun ada relokasi, Suherman menginginkan tidak jauh dari lokasi yang lama. Karena mereka sudah punya pangsa pasar sendiri.

“Kalau mau direlokasi ya pindahnya ke eks Matahari Bazzar. Karena itu masih di kawasan Cibeunying Kidul, kami kan sudah punya pangsa pasar di sini,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …