Polda Jabar Ringkus Dua Tersangka Penyebar Konten Gay di Medsos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat mengamankan dua tersangka penyebar konten gay di media sosial, IS dan IW berperan sebagai admin grup di media sosial tersebut.


Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat, AKBP Hari Brata menuturkan, pengungkapan ini berdasarkan penelusuran yang dilakukan tim Patroli Siber (Cyber Patrol).

Kemudian, polisi menemukan grup Facebook ‘Gay Bandung Indonesia’, dimana dalam grup ditemukan banyak percakapan yang melanggar norma kesusilaan, seperti percakapan orientasi sesama jenis, hingga penawaran jasa pijat laki-laki.

“Modus operandinya, mereka mensosialisasikan grup ini kepada yang sesama jenis untuk bisa berhubungan di media sosial,” ujar Hari, di Gedung Ditreskrimsus Mapolda Jabar, Jumat (19/10/2018).

Hari mengungkap, grup ini memiliki member atau anggota sebanyak 4.093 orang, dan kerap mengadakan ‘kopi darat’ atau pertemuan di dunia nyata. Bahkan, terindikasi ada anak dibawah umur yang menjadi anggota grup tersebut.

“Grup ini tertutup, jadi hanya kalangan mereka saja yang mengetahui. Jadi, kalau sudah kenal dengan adminnya, baru dimasukkan (menjadi member),” tutur Hari.

Kedua pelaku, diutarakan Hari, ditangkap di sebuah kos-kosan di kawasan Batununggal, Kota Bandung. Dari penggeledahan di rumah kos tersebut, petugas menemukan lima unit telepon genggam yang kerap digunakan pelaku untuk mengelola grup Facebook ‘Gay Bandung Indonesia’. Pelaku sempat mengganti deskripsi nama grup menjadi ‘Peduli Gay Bandung’.

Dari hasil penggeledahan itu pula didapati alat kontrasepsi sebanyak 25 buah, dan alat bantu seks lainnya yang biasa digunakan melakukan hubungan seks antara kedua pelaku dan diduga dengan teman pria lainnya.

“Keduanya dijerat dengan Pasal 45 ayat (1) jo. Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yang ancaman hukuman maksimalnya enam tahun penjara,” pungkansya.

(nda)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …