BPJS Kesehatan Cimahi Berikan Pemahaman Terkait Rujukan Online kepada Badan Usaha

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Saat ini, Program JKN-KIS telah menjadi program prioritas pemerintah yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan terus berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan diantaranya dengan membuat sistem rujukan online.

Sistem ini merupakan bentuk simplifikasi dan digitalisasi dari sistem rujukan sebelumnya yang masih bersifat manual. Karena itu demi meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta JKN-KIS mengenai rujukan online, pada hari Jumat (12/10/2018) BPJS Kesehatan Cabang Cimahi mengadakan sosialisasi kepada perwakilan badan usaha di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Rujukan online dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) telah diberlakukan dengan terlebih dahulu melalui 3 fase uji coba. Dan untuk saat ini telah memasuki perpanjangan dari fase ketiga.

Penerapan digitalisasi rujukan atau rujukan online dalam Program JKN-KIS merupakan salah satu inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan yang bertujuan memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan rujukan.

“Dengan adanya rujukan online, harapan kami peserta mendapatkan kepastian waktu pelayanan dengan kompetensi dan radius faskes terdekat serta mengurangi antrian yang menumpuk pada fasilitas kesehatan rujukan dengan memberikan opsi tujuan kepada peserta. Karena dengan rujukan online akan terlihat di aplikasi jumlah peserta yang sudah dirujuk,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Yudha Indrajaya di sela-sela acara.

Yudha menambahkan bahwa sistem rujukan online memberi manfaat kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

Kelebihan yang dimiliki sistem rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL, dan tidak menggunakan surat rujukan manual, sehingga meminimalisir kemungkinan kendala yang terjadi akibat pasien lupa membawa surat rujukan.

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.

Persib Vs Arema, Akhir tanpa Pemenang

Persib Bandung bertarung  melawan Arema FC di leg pertama 16 besar Piala Indonesia. Maung Bandung sempat unggul lebih dulu, sebelum akhirnya Arema …