Universitas Kristen Maranatha Launching Rumah Sakit Berbasis Akademik

Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (UKM)

Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (UKM)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mewujudkan impian sejak 1965, Universitas Kristen Maranatha resmi melaunching rumah sakit berbasis akademik di wilayah Kabupaten Bandung, Kamis (18/10/2018).

Rumah Sakit Unggul Karsa Medika (UKM), merupakan satelit Rumah Sakit Immanuel. Hanya saja, Rumah Sakit UKM lebih difokuskan kepada dokter muda yang ingin memperoleh pendidikan lebih.

Rektor Universitas Kristen Maranatha, Prof Armien Zainal Rahmat Langi menyebut, rasio kebutuhan nasional masih skala 1:1000.

“Sementara untuk mencapai skala internasional normalnya 1000:1000, Indonesia juga banyak dokter yang hanya bekerja di pusat kota. Sementara di pinggiran masih terbilang minim,” ujarnya kepada wartawan, Bandung.

Tak hanya itu, Armien mengungkapkan, RS UKM tak sekedar memperhatikan perkembangan teknologi serta mutu pendidikan bagi dokter muda. Melainkan, pelayanan kepada masyarakat.

Informasi yang diterima, fasilitas yang disedikan merupakan kelas B namun dikhususkan untuk masyarakat kelas C.

“Dokter dari lulusan Universitas Kristen Maranatha harus cekatan namun tepat dalam memberikan penanganan kepada pasien, sehingga makin baiknya sebuah fasilitas makin baik pula proses pengobatan itu sendiri,” bebernya.

Ia pun berharap, sebagai fakultas tertua dalam ilmu kedokteran, Maranatha ingin mencetak dokter berkualitas.

“Meskipun gedung utamaya di Pasteur, Bandung, tak menuntut kemungkinan kita akan pindahkan ke wilayah Kabupaten Bandung, jika animo yang ditunjukan begitu tinggi,” ucapnya.

Saat ini, 25 ribu lebih dokter lulusan Universitas Kristen Maranatha. Ia pun berharap, penyaluran dokter dengan adanya RS UKM mampu menjangkau masyarakat menengah di pedesaan.

“Meskipun kami memberikan fasilitas terbaik, tapi masih bisa dijangkau untuk masyarakat menengah ke bawah untuk administrasinya,” pungkasnya.

(nda)

loading...

Feeds