Tiongkok Menggila, Negeri Tirai Bambu Akan Luncurkan Bulan Palsu di Angkasa

Ilustrasi: Cahaya bulan yang sangat terang. (Anadolu)

Ilustrasi: Cahaya bulan yang sangat terang. (Anadolu)

POJOKBANDUNG.com – Proyek ambisius Tiongkok semakin menggila. Betapa tidak, negeri Tirai Bambu itu berencana meluncurkan Bulan palsu alias KW ke luar angkasa.

Sebagaimana Pojokbandung.com kutip dari laman Mirror, Kamis (18/10), Bulan palsu yang akan dibuat Tiongkok itu sejatinya merupakan sebuah satelit. Adapun satelit tersebut berupaya untuk menerangi sebanyak 80 km lahan di bawahnya. Karena terang dan bercahaya, makanya satelit ini disebut sebagai Bulan palsu.

Bulan buatan ini dikatakan mampu menggantikan penerangan jalan dan telah dikembangkan selama beberapa waktu belakangan. Cahaya yang dihasilkan oleh satelit itu diklaim delapan kali lebih terang daripada Bulan asli.

Meski disebut sebagai ‘Bulan’, namun benda ini tidak seperti Bulan. Pasalnya, hasil pencahayaan dapat dikontrol dan dapat disesuaikan untuk menerangi antara 10 dan 80 kilometer area di bawahnya sesuai dengan perintah ruang kendali.

Adapun menurut sebuah laporan, Bulan palsu itu akan difokuskan di Kota Chengdu yang menjadi salah satu dari tiga kota terpadat di wilayah barat Tiongkok dengan sekitar 14,5 juta orang tinggal di sana. Proyek ini telah dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sistem Mikroelektronika Chengdu. Mereka erharap peluncuran Bulan palsu itu akan dilakukan pada 2020 mendatang.

Di lain sisi, kabar soal Bulan palsu tersebut rupanya menuai kecaman. Ada kekhawatiran tentang efek yang akan ditimbulkan dari cahaya Bulan palsu itu. Yang paling menjadi sorotan adalah dampak seperti cahaya malam yang terang akan memengaruhi satwa liar di daerah tersebut.

Selain Bulan palsu, Tiongkok juga diketahui telah berinvestasi untuk Bulan yang asli. Negara tersebut dikatakan memiliki rencana untuk meluncurkan misi yang akan menjelajahi sisi gelap Bulan yang tidak pernah terlihat dari Bumi.

Seperti misi-misi antariksa lainnya, Tiongkok dan idenya itu juga dihadapkan oleh tantangan. Yakni berupa kendala teknis yang sangat sulit tentang cara berkomunikasi di sisi gelap Bulan yang jauh dari Bumi. Kendati begitu, Tiongkok untuk mendukung misinya itu disebut telah meluncurkan pengorbit yang disebut Queqiao. Queqiao dikatakan memungkinkan komunikasi ke area tergelap Bulan.

(ryn/JPC)

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.

Persib Vs Arema, Akhir tanpa Pemenang

Persib Bandung bertarung  melawan Arema FC di leg pertama 16 besar Piala Indonesia. Maung Bandung sempat unggul lebih dulu, sebelum akhirnya Arema …