Gagal Direlokasi, 600 PKL Cicadas Akan Ditata Kembali

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Selalu gagal merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas, Pemkot Bandung akhirnya memutuskan untuk menata 600 PKL di sana.

“Kita akan tata PKL di kawasan Cicadas, agar memenuhi estetika kota,” ujar Ketua Satgasus PKL Kota Bandung Yana Mulyana, kepada wartawan Rabu (17/10).

Menurut Yana, solusi ini untuk sementara dinilai baik untuk semua pihak. Karena kawasan Cicadas tidak akan nampak kumuh, namun PKL tetap terakomodir. ‎

“Para PKL memang akan tetap tempatkan di trotoar, namun akan ditata,” tambah Yana.

Bentuk penataannya, besar kios akan diperkecil. Luas trotoar di kawasan tersebut adalah 5 meter, akan disediakan 1,5 meter untuk kios PKL.

“Mereka yang berjualan juga akan diatur, selain waktu berjualan, juga komoditas yang dijualnya juga tidak bisa sembarangan,” terang Yana.

Selain itu, tambah Yana, para PKL juga bertanggung jawab terhadap keamanan dan kebersihan. Jika ada sampah yang ditemukan, maka 5-10 pedagang di sekitarnya, akan kena sanksi.

“Sanksinya bisa berupa dilarang berjualan selama tiga hari, atau apapun yang menimbulkan efek jera,” tegasnya.

Langkah ini diambil, lantaran untuk merelokasi PKL di Kawasan Cicadas bukan hal yang mudah, terutama dari segi anggaran.
Namun, Yana menegaskan, penataan ini tidak akan berlaku selamanya. Setelah anggaran memadai dan lokasi untuk relokasi sudah ditemukan, maka PKL akan dipindahkan ke tempat yang lebih memadai.

“Anggaran 2019 pun sudah ditetapkan, sehingga tidak mungkin relokasi dilakukan dalam waktu dekat. Paling cepat, mungkin baru bisa dilakukan pada 2020,” tambahnya.

Selain itu, untuk merelokasi PKL Cicadas menurut Yana sebaiknya tidak dilakukan jauh dari lokasi yang sekarang. Pasalnya para PKL mayoritas orang Cicadas, dan untuk para pedagang berpindah tempat usaha akan berpengaruh terhadap hoki.

“Saya sebagai pengusaha mengerti, jika pedagang tidak ingin pindah jauh dari lokasi sekarang, karena hokinya akan kurang,” kelakar Yana. (mur)

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.