Dirayu Netanyahu, Indonesia Ogah Berhubungan Diplomatik dengan Israel

Indonesia konsisten membela Palestina (Reuters)

Indonesia konsisten membela Palestina (Reuters)

POJOKBANDUNG.com – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengatakan, Indonesia tak akan merubah posisinya terhadap Israel. Sebelumnya Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, pihaknya ingin memiliki hubungan luar biasa dengan Indonesia. Namun Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina.

“Posisi Indonesia tidak berubah meskipun tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Arrmanatha di Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (16/10). “Hal ini tidak akan merubah situasi di lapangan yang mengharuskan Indonesia merubah posisinya,” tambahnya.

Arrmanatha menambahkan bahwa apapun yang disampaikan pihak Israel tidak akan merubah posisi Indonesia. Posisi Indonesia tak berubah dan tidak terkait dengan tidak ada hubungan dengan Israel.

netanyahu, israel, indonesia, palestina,
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, pihaknya ingin memiliki hubungan luar biasa dengan Indonesia (Reuters)

Pada konferensi internasional untuk jurnalis Kristen di Yerusalem, Netanyahu menyampaikan bahwa Israel ingin memiliki hubungan luar biasa dengan Indonesia yang menjadi salah satu negara Muslim terbesar di dunia.

Netanyahu membuat pernyataan itu sebagai jawaban atas pertanyaan Monique Rijkers, seorang aktivis pro-Israel Kristen dari Jakarta, yang memohon perdana menteri untuk membuka perbatasan negaranya dengan orang-orang Indonesia sehingga mereka dapat dengan bebas mengunjungi Tanah Suci. Dia mengacu pada awal tahun ini ketika Jakarta dan Yerusalem melarang pengunjung dari masing-masing warganya.

Seperti diketahui, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Indonesia selama ini juga berkomiten untuk selalu setuju pada konsep two state solution atau solusi dua negara untuk permasalahan Palestina dan Israel.

(iml/JPC)

loading...

Feeds