Waduh…..PM Australia Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

PM Australia Scott Morrison mengatakan akan secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel (Guardian)

PM Australia Scott Morrison mengatakan akan secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel (Guardian)

POJOKBANDUNG.com – Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa dia mempertimbangkan untuk mengikuti jejak pemerintahan Trump dengan secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota negara itu.

Bukan hanya itu, dia akan mempertimbangkan pemindahan Kedutaan Besar Australia untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Menurutnya, hal ini dikarenakan konflik perebutan ibu kota oleh Palestina maupun Israel tak kunjung usai.

“Kami mendukung solusi dua negara, tapi sayangnya itu tak berjalan dengan baik, tak begitu banyak perkembangan, dan kalian tidak bisa melakukan hal yang sama terus menerus tapi mengharapkan hasil berbeda,” ujar Morrison dilansir dari AFP Selasa, (16/10).

australia akui yerusalem sebagai ibu kota israel, yerusalem, australia,
Morrison yang berasal dari partai liberal ini juga mengatakan bahwa dia akan memecah anggapan tabu tentang pemindahan kedutaan besar ke Yerusalem (AFP)

Morrison yang berasal dari partai liberal ini juga mengatakan bahwa dia akan memecah anggapan tabu tentang pemindahan kedutaan besar ke Yerusalem.

Morrison dijadwalkan membuat pernyataan kebijakan luar negeri pada hari Selasa (16/10). Dia diperkirakan akan mengumumkan mempertimbangkan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pergeseran besar yang berpotensi dalam kebijakan luar negeri Australia akan menyelaraskan pemerintahan konservatif Morrison lebih dekat ke AS dan Israel. Akan tetapi kemungkinan menarik kecaman dari negara Muslim.

Dilansir dari AFP, masa depan politik Morrison sedang di ujung tanduk. Popularitasnya langsung merosot setelah menggulingkan PM Australia sebelumnya yang dinilai lebih moderat, Malcolm Turnbull.

(iml/JPC)

loading...

Feeds