Flyover Padasuka Diujicobakan, tapi Khawatir Titik Macet Pindah

Flyover Padasuka, yang ada di perbatasan antara Jalan Padasuka dengan Jalan Warung Contong, Kota Cimahi, mulai diujicobakan.

Flyover Padasuka, yang ada di perbatasan antara Jalan Padasuka dengan Jalan Warung Contong, Kota Cimahi, mulai diujicobakan.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Setelah menunggu cukup lama, Flyover Padasuka, yang ada di perbatasan antara Jalan Padasuka dengan Jalan Warung Contong, Kota Cimahi, akhirnya selesai dan mulai diujicobakan.

Ujicoba kendaraan melintasi flyover yang berada di atas perlintasan kereta api itu berlangsung pada hari Selasa (16/10), mulai pukul 06.00, hingga hari Sabtu (20/10), atau selama lima hari.

Seorang warga Kampung Warung Contong, Endang Suhendar (73), mengaku sangat terbantu dengan adanya flyover tersebut lantaran akses menuju Padasuka menjadi lebih mudah.

“Biasanya saya memutar jalan ke perlintasan rel KA menuju Lapangan Tembak buat olahraga. Sekarang dengan ada jembatan ini lebih dekat jaraknya, juga enggak bahaya lagi,” ujar Endang saat ditemui.

Kendati demikian, dirinya mengkhawatirkan volume kendaraan yang nantinya akan masuk melalui Komplek Padasuka justru akan menyebabkan kemacetan di Jalan Usman Dhomiri, Padasuka.

“Memang di sebelah sana (Usman Dhomiri) jalannya kan agak kecil, pasti nanti macet. Belum lagi persimpangan keluar dari Jalan Usman Dhomiri ke Jalan Raya Sangkuriang, macetnya bisa tambah parah,” bebernya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Endang, mengaku akan menampung saran dan keluhan dari masyarakat dengan diujicobakannya flyover tersebut.

“Masyarakat minta jalan tidak ada penyempitan, minta diperlebar dan ditata agar tidak menimbulkan macet. Lalu untuk meredam laju kendaraan perlu dipasang speed bumper. Apapun itu, kita lakukan secara bertahap yang jelas agar dapat menunjang arus lalu lintas tetap lancar,” tutur Endang.

Dalam pelaksanaan ujicoba tersebut, arus lalu lintas tidak mengalami perubahan. Rekayasa lalulintas sendiri akan dilakukan menunggu evaluasi dari ujicoba yang dilakukan.

“Untuk sekarang hanya memfungsikan flyover yang semula masih ditutup untuk lalu lintas menjadi boleh dilalui kendaraan. Kami batasi kendaraan berat dan berbadan lebar seperti truk dan bus tidak bisa melintas. Kami harapkan bisa mengurai kemacetan di titik jalur utama sehingga arus lalu lintas semakin lancar,” katanya.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto, mengatakan keberadaan jembatan Padasuka membantu kelancaran arus lalu lintas di sekitar kawasan tersebut. Namun pihaknya mengakui sudah memprediksi akan ada pergeseran titik kemacetan.

“Tentunya sangat membantu, hanya saja dampaknya pasti ada pergeseran titik kemacetan. Kami akan mengkaji kemungkinan rekayasa lalulintas untuk kendaraan yang akan melintasi flyover,” tegasnya. (cr1)

loading...

Feeds

Bank Muamalat Incar Nasabah Prioritas

BANDUNG –Bank Muamalat menggelar Customer Gathering di Bandung, pada Kamis, (13/12). Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye gerakan #AyoHijrah, sekaligus mempererat …