Monitoring Evaluasi KBK Tingkatkan Mutu Layanan Peserta JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Sosial Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan peserta di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktek perorangan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi telah menerapkan sistem pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK).

Dalam penerapannya BPJS Kesehatan Cabang Cimahi mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi secara rutin terkait sistem KBK tersebut, Kamis (11/10/2018).

Kegiatan ini Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Dian Arnaz  didampingi Kepala Kabupaten Bandung Barat ini, dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, serta perwakilan Asklin dari FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi.

Dalam acara ini FKTP juga diingatkan kembali terkait dengan komitmen pelayanan yang harus dilaksanakan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada peserta.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi FKTP yang mempunyai penilaian KBK belum optimal  agar termotivasi dan meningkatkan  pelayanan terbaik kepada peserta JKN sesuai komitmen yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama. Kami ingin peserta JKN puas ketika mendapat pelayanan di faskes, oleh karenanya kami secara rutin terus berkoordinasi dan memberi evaluasi kepada seluruh FKTP,” ujar Dian.

Diharapkan kedepannya FKTP sebagai tombak dalam pelayanan kesehatan sekaligus sebagai gate keeper dalam pelayanan kesehatan di masyarakat harus terus meningkatkan kompetensi baik SDM maupun sarana dalam mendukung sistem KBK ini.

Karena jika salah satu indikator tidak terpenuhi akan berdampak pada peserta, rumah sakit dan FKTP itu sendiri, sebagai contoh indikator angka rujukan tidak terpenuhi, maka penumpukan peserta di rumah sakit akan terjadi dan berimbas kepada pelayanan peserta yang kurang maksimal karena banyaknya peserta yang dirujuk.

loading...

Feeds

Anak Tito Jadi Korban Hoaks

Jagat media sosial sedang ramai membahas video perempuan muda dengan gaya hidup glamor. Turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal …